logo


Ungkap Modus Klaim Kemenangan Prabowo, Golkar: Tujuan Utamanya Menggalang Sentimen

Ace menyebut modus-modus di balik klaim kemenangan Prabowo sudah dirancang dari awal ketika kubu 02 berkampanye

20 April 2019 07:29 WIB

Politisi Partai Golkar, TB Ace Hasan Syadzily
Politisi Partai Golkar, TB Ace Hasan Syadzily Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berkali-kali mendeklarasikan kemenangan hingga melakukan sujud syukur. Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily, menilai ada modus dibalik sikap Prabowo tersebut.

"Modus pertama adalah menjalankan strategi firehose of falsehood dengan menanamkan keyakinan di pengikutnya bahwa kubu 02 sudah menang. Dengan strategi deklarasi berulang-ulang itu, pendukung disajikan realitas semu bahwa kubu 02 sudah menang dan informasi diluar itu adalah sesat dan direkayasa. Termasuk dilarang nonton TV yang memutar hasil quick count," kata Ace dalam keterangannya, Jumat (19/4).

Menurutnya, strategi tersebut membuat pendukung Prabowo percaya pada satu sumber, yaitu survei internal, exit poll internal, dan real count internal. Akan tetapi, sumber informasinya tidak pernah teruji kebenarannya.


Kiai Sepuh 01 dan 02 se-Jawa Timur Menyayangkan Pernyataan Amien Rais

"Tujuan utamanya adalah menggalang sentimen pendukung agar bisa disiapkan untuk aksi berikutnya. Bisa jadi, rangkaian dari skenario kubu 02 yang selama ini tokoh-tokohnya sudah bicara soal people power. Ini jelas manuver yang berbahaya," ujarnya.

Menurut Ace, modus kedua adalah delegitimasi KPU dan hasil pemilu. Politikus Golkar ini menilai, klaim 62 persen dari Prabowo akan membangun framing hasil perhitungan KPU berbeda dengan hasil real count internal. Dengan begitu, Ace menilai kubu Prabowo akan menyerang KPU dengan tudingan pemilu curang dan hasilnya direkayasa.

Sebut Prabowo Tidak Konsisten, TKN Singgung Anies-Sandi Menang Hasil Quick Count

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata