logo


Setelah 7 Bulan, Pertamina dan Serikat Pekerja Sepakati PKB 2019-2021

Pertamina dan Serikat Pekerja menyambut baik penandatanganan PKB Pertamina Periode 2019 – 2021

15 April 2019 19:40 WIB

PT Petamina (Persero) bersama Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Periode 2019-2021.
PT Petamina (Persero) bersama Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Periode 2019-2021. Dok. Pertamina

Fajriyah mengatakan total waktu yang diperlukan hingga penandatangan PKB adalah 7 (tujuh) bulan yang selanjutnya akan menjadi siklus setiap dua tahunan sebagai komitmen ketaatan Pertamina terhadap regulasi ketenagakerjaan sekaligus sebagai bagian penting untuk membangun salah satu sarana mewujudkan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan di Pertamina.

Menurutnya tahapan menuju penandatangan PKB Pertamina dan Pekerja ini meliputi verifikasi keanggotaan serikat pekerja, pra-perundingan, perundingan PKB, dan finalisasi draf.

Dimana proses yang dimulai sejak September 2018 – Maret 2019 berlangsung kondusif dan konstruktif, karena telah terciptanya kesepahaman sebelum memasuki meja perundingan serta adanya kesepakatan tema yaitu ‘Peran Strategis Pekerja Dalam Menjaga Kelangsungan Bisnis Perusahaan’.


Sungai Citarum Meluap, Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan Gas Elpiji di Kabupaten Bandung Aman

Fajriyah menambahkan bahwa Pertamina dan Serikat Pekerja menyambut baik penandatanganan PKB Pertamina Periode 2019 – 2021.

Dia menyebut kesepakatan ini merupakan langkah positif untuk merealisasikan program dan target perusahaan dalam 3 (tiga) tahun ke depan.

Ditanya Bukti Perampokan Garuda, Pertamina, PLN, Prabowo Ketiga Kalinya Bilang, "Bukti Ndasmu!"

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata