•  

logo


Mengenal Aneka Jenis Ikan Cupang Serit

Awal lahirnya jenis ini banyak pihak yang skeptis dan menganggap jenis ini hanya penyimpangan semata

26 Februari 2015 17:51 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Cupang Serit atau Crowntail, merupakan Cupang hias asli silangan dari Indonesia. Jenis Cupang ini memiliki sirip yang khas seperti sisir,atau bahkan terlihat seperti layar yang sobek. Crowntail ‘lahir’ pada tahun 1998 dan menjadi booming pada tahun 2000an. Awal lahirnya jenis ini banyak pihak yang skeptis dan menganggap jenis ini hanya penyimpangan semata. Jenis Cupang inipun akhirnya hanya jadi “warga kelas dua” dalam setiap kontes Cupang.

Cupang Serit mempunyai beberapa varian menurut bentuk seritnya, berikut ulasannya :

1. Serit tunggal/Combtaill, Cupang Serit tunggal ialah ikan-ikan tipe awal yang sekarang sudah jarang sekali kelihatan. Serit ikan ini hanya berjumlah satu-satu seperti Serit double yang tidak pecah .


KKP Lakukan Restocking Ribuan Ikan Hias di Lampung

2. Serit Dua/Double Ray Crowntail, varian ini yang paling umum kita jumpai dimasa kini baik sebagai peliharaan maupun di arena kontes, bentuk double ray-nya ada yang menyerupai huruf V dan ada yang menyerupai balok. Double Ray adalah ikan Serit yang mempunyai susunan tulang primary (tulang utama yg keluar dari pangkal ekor dan menopang tulang-tulang berikutnya) dan pecahan ray secondary (percabangan kedua yang keluar dari tulang utama) pada ekornya.

3. Serit Empat/Double Double Ray (DDR) dan Serit Delapan/Double Double Double Ray. Cupang Serit Empat mempunyai susunan tulang primary dan pecahan ray secondary, serta pecahan ray tertiary pada ekornya. Sedangkan Serit Delapan mempunyai mempunyai susunan tulang-tulang primary dan pecahan ray secondary, pecahan ray tertiary (percabangan ketiga yang keluar dari percabangan kedua) hingga pecahan ray quartenary (percabangan keempat yg keluar dari percabangan ketiga ) pada ekornya.

 4. Serit Balon, ini adalah tipe Serit yang mempunyai selaput ekor berlebih antar spasi ray hingga jika sedang berenang  terlihat menggelembung menyerupai balon.

 5. King Crowntail dan Cross Ray, sebenarnya ikan tipe ini struktur tulangnya sama dengan Double Ray/Serit Dua, namun pada ujung-ujung ray atau serit-nya melengkung dan menyilang antar tulangan spasi. Perbedaan antara King Crowntail dan Cross Ray adalah jika pada King Crowntail tulangnnya melengkung dan saling menyilang, sedangkan pada Cross Ray tulangannya lurus tidak melengkung namun saling-silang juga antara tulang spasinya. Biasanya ikan Cross Ray mempunyai bentuk balok yang besar dan spasinya cenderung rapat. Nama King Crowntail terinspirasi dari bentuk mahkota yang modelnya saling-silang antar mahkotanya.

 

 

 

(sumber : Bettaholic)

Simak, Peta Ikan Hias Indonesia

Halaman: 
Penulis : Riana