logo


Polisi Pastikan Ratusan Tahanan di DIY Ikut Memilih Dalam Pemilu 2019

Kepolisian juga menyatakan bahwa 213 tahanan di wilayah hukum Polda DIY dipastikan bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

15 April 2019 15:13 WIB

Ilustrasi pemilu
Ilustrasi pemilu pixfeeds.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebelumnya, Polresta Yogyakarta melarang anggotanya untuk tidak mengambil gambar di TPS saat pencoblosan berlangsung. Kebijakan ini diambil untuk menjaga netralitas polisi.

Kepolisian juga menyatakan bahwa 213 tahanan di wilayah hukum Polda DIY dipastikan bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019. Polisi telah berkoordinasi dengan KPU untuk memfasilitasi para tahanan menyoblos pada 17 April nanti.

Baca juga: Diundang Raja Salman, Jokowi Bahas Kerja Sama Bidang Energi


Heboh Video Ahok Marah-marah Saat Nyoblos, Ini Kata PPLN Osaka

"Kita sudah koordinasi dengan TPS-TPS terdekat dari kantor Polres dan Polda untuk memfasilitasi para tahanan menggunakan hak pilihnya," kata Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto, kepada wartawan di Mapolda DIY, Senin (15/4).

Jumlah tahanan rumah tahanan jajaran Polda DIY per 15 April 2019 Total 213 orang. Rinciannya tahanan Polda DIY 19 orang, Polresta Yogya 35 orang, Polres Sleman 70 orang, Polres Bantul 43 orang, Polres Kulon Progo 29 orang dan Polres Gunungkidul 17 orang.

Nantinya, para tahanan yang memiliki hak pilih bakal didatangi petugas KPU untuk pelaksanaan pemungutan suara.

"Khusus tahanan Polres Gunungkidul bergabung dengan TPS di Rutan Gunungkidul. Untuk tahanan Polres lainnya, petugas KPU di TPS terdekat mendatangi Polres untuk pelaksanaan pemungutan suara," jelas Yuliyanto

Diundang Raja Salman, Jokowi Bahas Kerja Sama Bidang Energi

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu