logo


Jonan Resmikan PLTMG MPP Flores 20 MW

Pembangunan PLTMG Flores 20 MW ini sebagai bukti Pemerintah mendorong penggunaan gas dan mengurangi penggunaan minyak

12 April 2019 14:36 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan Dok. KESDM

LABUAN BAJO, JITUNEWS.COM - Menteri ESDM, Ignasius Jonan, meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Mobile Power Plant (MPP) Flores berkapasitas 20 Megawatt (MW) di Dusun Rangko, Desa Tanjung Boleng, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (11/4) kemarin.

Manfaat dari beroperasinya PLTMG MPP Flores antara lain untuk meningkatkan pasokan listrik di sistem kelistrikan Manggarai yang mampu memasok listrik untuk 23.148 pelanggan rumah tangga 900 VA dan meningkatkan rasio elektrifikasi di pulau Flores.

Selain itu, Jonan juga meresmikan 2 transmisi (SUTT) dan 3 Gardu Induk (GI), yakni Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kiloVolt Labuan Bajo-Ruteng, Gardu Induk (GI) Labuan Bajo, Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kiloVolt Ruteng-Ulumbu, Gardu Induk Ruteng, dan Gardu Induk Ulumbu.


Pantau Pasokan Listrik, Jonan Pastikan Pemilu Tak Ada Gangguan

"Pembangunan PLTMG Flores 20 MW ini sebagai bukti Pemerintah mendorong penggunaan gas dan mengurangi penggunaan minyak, karena biaya produksi nya bisa jauh lebih murah, menghasilkan potensi penghematan bbm senilai Rp10 miliar, dengan BPP murah tentu akhirnya akan berpengaruh kepada efisiensi dan ujungnya pada tarif," kata Jonan.

Kata Arcandra, Ini Empat Tantangan Utama dalam Pengembangan Lapangan Offshore

Halaman: 
Penulis : Riana