logo


Survei Voxpol Center: Peta Politik Dinamis dan Kompetitif

Hasil survei Voxpol Center Research and Consulting menunjukkan peta politik masih dinamis dan kompetitif

9 April 2019 17:11 WIB

Ilustrasi, bendera partai politik.
Ilustrasi, bendera partai politik. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hasil survei Voxpol Center Research and Consulting menunjukkan peta politik masih dinamis dan kompetitif. Hal ini bisa ditinjau dari angka strong voters baik di pemilih capres maupun pemilih partai politik.

"Jokowi-Amin maupun Prabowo-Sandi memiliki tingkat loyalitas pemilih di bawah 50 persen dengan persentasi strong voter masing-masing sebesar 43.1 persen untuk Jokowi-Amin dan 40.9 untuk Prabowo-Sandi," ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, dalam keterangannya, Selasa (9/4).

Menurutnya, rendahnya angka strong voters ini akan mempengaruhi peta politik secara luas dan akan berpotensi merubah peta politik secara drastis, di sisi lain pemilih kita juga masih cair, partai ID kita juga masih rendah, relatif kecil pemilih setia dalam partai, biasanya faktor figur menjadi dasar pertimbangan mereka memilih.


Survei Voxpol Center: PDIP Berpotensi Jadi Pemenang Pemilu 2019

"Semakin tinggi angka strong voters kandidat atau partai politik maka semakin besar peluang meraih dukungan yang lebih besar," ujarnya.

Menurut Pangi, pergeseran pilihan politik dari pemilih masih mungkin terjadi karena beberapa faktor. Sesuai survei yang dilakukan, menyatakan kepastian pemilih terhadap pilihannya baru akan ditentukan pada saat mencoblos di bilik suara (27,9 %), melihat penampilan kandidat pada saat debat terahir (22,1%), sebelum berangkat ke TPS (19,7%), dan menunggu calon memberikan hadiah/sembako/uang (13,1%). Itu artinya masih banyak faktor yang bisa mengintervensi pilihan politik ini, di antaranya tokoh Agama (21,7%), Lurah/kades (10,4%) keluarga (8,9%), tokoh partai (7,6%).

Menurut Pangi, jika pilpres digelar hari ini maka Jokowi akan keluar sebagai pemenang. Prabowo-Sandi dinilai belum bisa melewati elektabilitas Jokowi.

Berani Tenangkan Capres 02, Amien Rais Ternyata Sama dengan Prabowo Pernah...

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata