logo


Daftar 5 Minuman Penurun Kolesterol Alami yang Perlu Kamu Coba!

Apa saja minuman ini?

9 April 2019 07:23 WIB

Susu kedelai.
Susu kedelai. alodokter.com

Teh hijau dapat menurunkan kolesterol sebanyak 2 sampai 5 persen. Selain itu, teh hijau juga mengandung rendah kalori yang cocok untuk teman diet Anda.

3. Jus Anggur

Tidak heran jika dalam western cuisine sering ditambahkan wine. Selain dapat memperkaya rasa masakan, jus anggur atau wine dapat menurunkan kolesterol. Berdasarkan penelitian Dr. Freedman tahun 2004 dari Boston University Medical School, jika kamu minum dalam 14 hari berturut-turut akan menaikkan kadar HDL dan menurunkan kolesterol total.


Sering Pakai Kutek? Hati-hati Bahaya Ini Mengintaimu

Baca juga: Bikin Sehat! Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Bercinta dengan Pasangan

4. Jus Bawang Putih

Memang baunya menyengat di mulut tapi kamu bisa tambahkan cuka apel untuk menetralisir bau. Studi di Munich University, Jerman menunjukkan bahwa bawang putih akan menurunkan kolesterol jahat sekitar 10 persen dalam empat bulan.

5. Susu Kedelai

Kamu penggemar susu? Sebaiknya ganti konsumsi susu sapi dengan susu kedelai. Selain susu kedelai lebih ringan karena mengandung sedikit lemak, asam lemak omega-3 juga bisa membantu menurunkan kolesterol. Dalam sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa susu kedelai dapat mengurangi stres.

Selain Air Putih, 7 Minuman Sehat Ini Wajib Kamu Minum

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu