logo


Sekolah Cikal Bentuk Karakter Siswa Lewat Kompetensi 5 Bintang, Seperti Apa?

Sekolah Cikal termasuk sekolah yang paling getol menumbuhkan kompetensi literasi.

6 April 2019 00:56 WIB

Pendiri Sekolah Cikal, Najelaa Shihab
Pendiri Sekolah Cikal, Najelaa Shihab IG @najelaashihab

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekolah Cikal kembali menggelar acara tahunannya yang kali ini bertajuk 'Playground of Ujung Pandang'. Acara ini digelar pada 5-7 April di Sekolah Cikal Cilandak, 13 April di Rumah Main Cikal Bandung, 27-28 April di Sekolah Cikal Serping, dan 27 April di Sekolah Cikal Surabaya.

Subject show ini telah diadakan rutin setiap tahun sejak 2010. Dalam kegiatan ini, murid-murid diajak untuk menggali kreativitas serta dituntut untuk berpikir kritis dalam menghasilkan pertunjukan, berupa seni tari, musik, dan teater. Selain itu, mereka juga diajak untuk membuat karya seni yang akan dipamerkan dan dilelang untuk kegiatan amal.

Najelaa Shihab, selaku Pendiri Sekolah Cikal, menuturkan, kegiatan tersebut merupakan implementasi dari kurikulum yang dijalankan Sekolah Cikal yang memang bertujuan untuk membentuk karakter murid-muridnya agar memiliki Cikal 5 Stars Competencies atau Cikal Kompetensi 5 Bintang.


Kemendikbud: Penguasaan Baca, Tulis, dan Hitung Tidak Wajib Bagi Anak PAUD

“Bicara Sekolah Cikal, kita memang mengusung kurikulum yang memang bertujuan untuk membentuk karakter anak-anak agar memiliki Cikal 5 Stars Competencies. Cikal 5 Stars Competencies ini adalah kompetensi yang selalu ingin kita tumbuhkan, mulai dari murid yang kecil (pra sekolah) sampai level SMA. Dengan kelima kompetensi tadi, kita berharap anak-anak dapat mapan secara emosional, moral dan spiritual, berwawasan luas dan berfisik sehat, jadi pemikir yang terlatih dan efektif, pelajar merdeka, dan anggota masyarakat dunia yang berdaya dalam mewujudkan keadilan, keberlanjutan dan kedamaian,” beber Ela, sapaan akrabnya, saat ditemui Jitunews.com di Sekolah Cikal Cilandak, Jakarta, Jumat (5/4).

“Bahkan, itu sesuatu yang munculnya bukan dari program kelas di mata pelajran, tapi muncul juga di klub (ekstrakurikuler), termasuk yang muncul juga di event tahunan seperti subject showcase 'Playground of Ujung Pandang' ini,” sambung Ela.

Gelar ‘Playground of Ujung Pandang’, Sekolah Cikal Gencarkan Melek Literasi di Jeneponto

Halaman: 
Penulis : Riana