logo


Ini Lho 7 Tempat Kuliner Khas Palembang yang Jadi Incaran Pengunjung

Palembang dikenal sebagai kota pempek. Pempek Palembang telah mendunia. Kaya rasa, khas Palembang.

2 April 2019 10:44 WIB

Pempek Pelembang
Pempek Pelembang Instagram @pempekyuuk

JITUNEWS.COM - Makanan apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata Palembang? Sudah bisa ditebak kalau jawabannya pasti pempek. Tapi, tunggu dulu, Bumi Sriwijaya juga punya olahan lain yang tak kalah nikmat, lho. Coba saja berkunjung ke 7 tempat wisata kuliner khas Palembang berikut ini. Dijamin tak akan kecewa.

Pempek Candy

Dikenal sebagai Kota Pempek, maka kurang afdal rasanya kalau tidak mencicipi makanan khas yang satu ini. Salah satu tempat wisata kuliner pempek terenak yang bisa Anda kunjungi ialah warung Pempek Candy.

Sajian pempeknya yang renyah dan empuk di bagian dalam menjadi ciri khas dari Pempek Candy. Selain itu, Anda juga bisa menikmati lezatnya lenggang, pempek yang digoreng dengan telur bebek dan dibakar.


Dahsyat, 6 Ton Sehari Pempek Diekspor ke Negara Tetangga

Kedai Pempek Candy sendiri tersebar di beberapa tempat di Palembang.

Martabak HAR

Bukan hanya pempek, bila Anda berkunjung ke Palembang sempatkanlah untuk mencoba nikmatnya Martabak HAR. Uniknya, martabak di tempat ini akan disajikan bersama siraman saus kari dan potongan kentang serta daging yang terasa gurih nan lezat.

Martabak HAR menyediakan dua jenis martabak yaitu martabak telur ayam dan telur bebek. Seporsi martabak telur ayam HAR dijual mulai dari Rp21.000, sedangkan martabak telur bebek dibanderol mulai dari Rp35.000.

Mie Celor 26

Pernah menikmati lezatnya mi celor? Jika belum, Anda bisa datang ke Mie Celor 26 yang menjadi salah satu tempat wisata kuliner favorit para pelancong. Warung yang berada di Jl. Merdeka No.54, Kota Palembang ini biasa buka mulai dari pukul 06.00-17.00.

Namun, apabila menu yang ditawarkan sudah habis, maka tempat ini akan tutup lebih cepat. Mi celor sendiri merupakan sajian mi telur yang dihidangkan bersama kuah kaldu kepala udang besar, taoge, lengkap dengan topping yang bisa dipilih.

Sate Sapi Wak Din

Berbeda dengan sate pada umumnya yang disajikan dengan bumbu kacang, Sate Sapi Wak Din yang beralamat di Jl. Mayjen HR Ryacudu Kota Palembang ini memiliki tampilan yang berbeda.

Seporsi Sate Sapi Wak Din berisi 5 tusuk sate dengan irisan daging yang cukup besar namun tetap empuk ketika dimakan. Sate Sapi Wak Din memiliki cita rasa manis dan asam yang dihasilkan dari perpaduan cuka serta kecap ketika dibakar.

Warung Aba

Tempat wisata kuliner lainnya yang wajib dikunjungi selama di Palembang adalah Warung Aba. Kabarnya, warung ini dikelola oleh seorang keturunan Arab dan sudah ada sejak 1981. Beragam olahan khas Palembang yang kaya santan dan rempah pun bisa Anda nikmati di sini.

Beberapa menu favoritnya adalah burgo, gulungan dadar tepung sagu yang diiris tipis dengan kuah santan gurih. Selain itu, ada juga lakso yang mirip dengan burgo serta celimpungan, semacam pempek yang disajikan dengan kuah kari kental.

RM Pindang Sri Melayu

Berlokasi di Jl. Demang Lebar Daun No.1, Kota Palembang, RM Pindang Sri Melayu menawarkan hidangan dengan cita rasa lokal seperti pindang tulang berbahan dasar iga sapi, pindang patin, brengkes patin, ikan saluang goreng, dan pentol. Nah, bila Anda tengah bepergian ke Palembang, jangan segan untuk berkunjung ke tempat yang satu ini, ya.

Es Kacang Merah Mamat

Puas mencicipi makanan khas Palembang, coba akhiri perjalanan kuliner Anda dengan segelas es kacang merah. Segar! Apalagi bila dinikmati saat cuaca sedang terik. Tempat paling pas untuk menikmati minuman ini adalah Es Kacang Merah Mamat yang berada di Jl. Kebon Manggis, Kota Palembang.

Es kacang merah yang dijual merupakan campuran dari kacang merah segar, kuah santan, dan es serut yang menggunung lengkap dengan sirop merah.

Untuk menikmati seluruh menu di tujuh tempat di atas tentu tak cukup bila hanya dilakukan dalam sehari.

Oleh karena itu, pastikan kalau Anda sudah booking hotel online sebelum pergi ke Palembang. Agar lebih praktis, silakan cari hotel di Palembang melalui Airy.

Anda juga bisa mendapatkan kamar hotel Airy lebih hemat lagi yaitu dengan cara mengikuti promo GERCEP (Gerak Cepat Cari Promo) dari Airy. Nikmati diskon hingga 70% untuk kamar Airy pilihan.

Jadi jangan sampai ketinggalan ya, promo ini hanya berlangsung 1 – 18 April 2019. Segera cek website resmi Airy atau install aplikasi Airy di smartphone Anda.

Kisah Panjang Di Balik Kenikmatan Pempek Palembang

Halaman: 
Penulis : Marselinus Gunas