logo


Kemendes PDTT: "Saat ini Kita Telah Berhasil Mengangkat 6.518 Desa Tertinggal Menjadi Berkembang"

Berikut pernyataan lengkapnya

2 April 2019 09:48 WIB

Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT Muh Fachri menjadi pembicara pada Workshop Pemanfaatan, Pengelolaan, dan Penyaluran Dana Desa di Bali, Jumat (29/3/2019).
Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT Muh Fachri menjadi pembicara pada Workshop Pemanfaatan, Pengelolaan, dan Penyaluran Dana Desa di Bali, Jumat (29/3/2019). Doc Kemendes PDTT

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014-2019 untuk menurunkan sebanyak 5.000 desa tertinggal sudah tercapai. Tak hanya itu, target RPJMN untuk meningkatkan status desa berkembang menjadi desa mandiri juga sudah terlampaui.

Demikian dikatakan Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Muh Fachri pada workshop pemanfaatan, pengelolaan dan penyaluran dana desa di Bali, Jumat (29/3/2019).

“Saat ini kita telah berhasil mengangkat 6.518 desa tertinggal menjadi berkembang dan 2.655 desa berkembang menjadi mandiri. Target RPJMN sudah tercapai bahkan terlampaui,”ujarnya.


Kemendes PDTT Bahas Dana Alokasi Khusus untuk Tahun 2020

Menurutnya, capaian tersebut tidak lepas dari sumbangsih dana desa yang disalurkan sejak tahun 2015. Yang mana dana desa tersebut telah secara signifikan membangun ragam infrastruktur yang menunjang aktivitas ekonomi dan kualitas hidup masyarakat desa.

“191.600 kilometer jalan desa terbangun dari dana desa. Ini hanya sebagian kecil dari ribuan output hasil dari dana desa. Ada jembatan, pasar desa, BUMDes, embung, PAUD, Posyandu, masih banyak lagi,” ujarnya.

Soal Penyimpangan Dana Desa, Hampir 60 Persen Kades Tidak Berpendidikan Tinggi

Halaman: 
Penulis : Marselinus Gunas, Raka Kisdiyatma