logo


Ekspor Komoditas Pertanian Kian Deras, Empat Wilayah Ini Buktinya

Kementan juga mendorong generasi muda agar mau terjun langsung baik ke sektor peternakan maupun pertanian.

1 April 2019 12:19 WIB

Ilustrasi buah dan sayuran.
Ilustrasi buah dan sayuran. Shutterstock

Ekspor Kelapa dari Pangandaran

Sementara dari Pangadaran, Jawa Barat, Kementan melepas ekspor kelapa bulat asal Pangandaran ke Australia sebayak 15 ton. Selain itu, ada juga kayu olahan (barecore) yang dilepas ke China sebanyak 591,317 m3 dengan total nilai ekspor sebesar Rp1,85 miliar.

"Kami bangga dengan petani dan pelaku usaha agribisnis di Pangandaran. Pintar melihat peluang dan potensi yang ada," kata Kepala Badan Sumber Daya Manusia Pertanian, Kementan, Momon Rusmono yang hadir mewakili Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman pada pertemuan apresiasi dan sinkronisasi di Lapangan Ketapang Doyong, Pangadaran.


Kementan Garap Potensi Santri Tani Milenial Sumenep

Berdasarkan catatan yang ada, luas perkebunan kelapa sawit di wilayah Pangandaran mencapai 33.400 hektare. Masing-masing ada di Kecamatan Kalipucang, Sidamulih, Parigi, Cijulang, dan Cimerak.

Momon mengapresiasi semua pelaku bisnis yang mengekspor komoditas kelapa asal Pangandaran ke mancanegara. Kementan pun mendorong pada para petani muda agar tidak hanya memproduksi, namun juga bisa menjual produk yang telah diolah bahkan hingga ekspor.

"Lewat Barantan kami luncurkan program Agro Gemilang, manfaatkan. Ini program bersama kami untuk mencetak eksportir baru dibidang pertanian," tuntasnya.

Kementan Dorong Kabupaten Subang Jadi Lumbung Pangan Dunia

Halaman: 
Penulis : Riana