logo


Peneliti Temukan Celah Keamanan di Jaringan LTE

 Para peneliti asal Korea Selatan baru-baru ini membagikan hasil penelitian mereka terhadap jaringan LTE.

29 Maret 2019 23:39 WIB

Internet dapat dijadikan mesin pencetak uang
Internet dapat dijadikan mesin pencetak uang The New Yorker

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Selama ini ternyata kita menggunakan jaringan yang bisa dibilang tidak terlalu aman. Para peneliti asal Korea Selatan baru-baru ini membagikan hasil penelitian mereka terhadap jaringan LTE.

Dari beberapa tahun penelitian, mereka mengatakan ada 36 kerentanan keamanan dalam jaringan LTE. Beberapa kerentanan tersebut bahkan lebih rentan terkena serangan yang lebih besar dari jaringan lainnya.

Baca juga: Gmail IOS Dapatkan Fitur Baru Berupa Kostumisasi Swipe


Inovasi Baru, Oppo Reno Punya Desain Kamera Paling Unik

Serangan yang dimaksud seperti memutuskan seseorang dari jaringan seluler sehingga peretas dapat menguping dan mengendalikan data itu sendiri. Para peneliti juga menemukan banyaknya eksploitasi dengan menggunakan alat "fuzzing", yakni sebuah pengumpanan data acak berukuran besar untuk mencari penyimpangan.

Namun, mereka mengatakan bahwa tidak semua operator jaringan memiliki masalah yang sama. Setiap operator dapat memiliki celah keamanan yang berbeda.

Engadget (29/3/2019) melaporkan, mereka berencana untuk membeberkan hasil penelitian mereka secara lengkap pada Mei mendatang. Mereka juga mengaku sudah memiliki alat yang dapat mencari potensi lubang keamanan tersebut.

Hal ini mereka lakukan untuk meminimalisir kerentanan tersebut, agar para pengguna jaringan LTE akan merasa lebih aman.

Gmail IOS Dapatkan Fitur Baru Berupa Kostumisasi Swipe

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu