logo


Green Terror, Si Ikan Indah Berkemilau Hijau

Ikan Cichlid berwarna-warni ini adalah ikan kuat yang cukup mudah untuk merawatnya

25 Februari 2015 14:23 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ikan Green Terror (Aequidens rivulatus) digambarkan oleh Gunther pada tahun 1860 . Mereka ditemukan di Amerika Selatan, Ekuador barat dan Peru tengah. Spesies ini tidak terdaftar pada IUCN Red List. Ikan Green Terror memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, yakni bisa mencapai ukuran hingga 25-31 cm.

Ikan indah ini memiliki kemilau hijau metalik dan biru secara keseluruhan. Selain itu, mereka memiliki warna megah yang bisa berubah ungu, pink, merah dan biru terang. Ikan jantan memiliki warna yang lebih cemerlang dan memiliki warna merah cemerlang pada sirip ekor mereka, tetapi betina juga cukup mencolok. Ikan Cichlid berwarna-warni ini adalah ikan kuat yang cukup mudah untuk merawatnya.

Meskipun Green Terror adalah ikan yang menakjubkan dan menarik perhatian semua tingkat Aquarist, namun tidak untuk semua orang. Mereka adalah ikan yang besar dan sangat agresif, membutuhkan sejumlah besar ruang untuk diri mereka sendiri dan hanya cocok untuk tank mate yang sama besar dan agresifnya.


Bulan Mutu, Susi Pudjiastuti Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Sumber Daya Kelautan

Ikan Green Teror adalah karnivora yang dapat diberi makan berbagai macam makanan, tetapi mereka cenderung pilih-pilih. Mereka akan makan makanan beku seperti krill, bloodworms, dan udang air asin. Mereka juga dapat diberi makan pelet cichlid. Untuk mendapatkan warna terbaik berilah pakan cacing tanah merah yang hidup.

Jangan memberi makan hati sapi atau daging merah lainnya untuk ikan ini karena makanan tinggi protein dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Pakan ikan muda 2 sampai 3 kali sehari dan dewasa 1 sampai 2 kali sehari. Feeding dalam jumlah kecil beberapa kali sehari bukan jumlah besar sekali sehari akan menjaga kualitas air yang lebih tinggi selama waktu yang lebih lama .

KKP Lakukan Restocking Ribuan Ikan Hias di Lampung

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana