logo


Survei CSIS: PDIP Kuasai Enam Wilayah, Gerindra Hanya Menang di Dua Wilayah

CSIS merilis hasil survei tentang elektabilitas partai politik pada Pemilu 2019.

28 Maret 2019 14:45 WIB

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Centre for Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei tentang elektabilitas partai politik pada Pemilu 2019. CSIS juga memotret basis suara partai politik berdasarkan wilayahnya.

Diberitakan melalui merdeka.com (28/3), PDIP mendominasi wilayah Jawa Barat dan Banten dengan angka 28,6 persen disusul Gerindra sebesar 20,5 persen, Golkar 11,4 persen, dan PKS 7,6 persen. Di wilayah ini responden yang tidak menjawab sebesar 9,5 persen.

Baca juga: AHY Membuka Pintu pada Rocky Gerung untuk Masuk Demokrat


Komentari Papua, Sandiaga Uno: Saya dan Pak Prabowo Tidak Akan Menyia-nyiakan...

Wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta masih kokoh dengan sebutan kandang banteng karena didominasi PDIP sebesar 40,0 persen. Sedangkan partai lainnya hanya kurang dari 11 persen.

Wilayah Jawa Timur masih dipegang PKB sebesar 21,6 persen. Disusul PDIP 17,5 persen, dan Gerindra 7,8 persen. Jumlah responden yang tidak menjawab di wilayah ini juga cukup tinggi yakni 27,5 persen.

Kalimantan dipegang PDIP dengan angka 43,8 persen, disusul Golkar 16,2 persen, dan Gerindra 13,8 persen. Responden yang tidak menjawab hanya 2,3 persen.

AHY Membuka Pintu pada Rocky Gerung untuk Masuk Demokrat

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu