logo


Dahsyatnya Manfaat Cuka Apel Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, kadar gula dalam darah merupakan suatu hal yang harus diperhatikan dengan serius.

27 Maret 2019 23:23 WIB

Cuka Apel
Cuka Apel Hello Sehat

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Cuka apel adalah minuman yang dibuat dengan cara melumatkan apel dan memeras cairannya. Setelah cairan apel didapat, nantinya akan dimasukkan bakteri dan ragi ditambahkan ke dalam cairan untuk memulai proses fermentasi alkohol.

Saat ini, cuka (terutama cuka apel) mulai kembali dimanfaatkan oleh masyarakat dan dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bahkan minuman satu ini dikabarkan bisa membantu mengatur gula darah.


Bernafas dengan Paru-paru, Bagaimana Lumba-lumba Bisa Tidur di Dalam Air?

Inilah salah satu manfaat cuka apel yang paling dikenal. Bagi penderita diabetes, kadar gula dalam darah merupakan suatu hal yang harus diperhatikan dengan serius.

Suatu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care menyatakan bahwa cuka dapat meningkatkan sensitivitas insulin, terutama saat kamu mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Ketika kamu mengonsumsi minuman ini sebelum makan, maka cuka bekerja dengan cara memperlambat proses pelepasan gula dari makanan ke dalam darah. Ini mencegah kamu mengalami sugar rush, suatu keadaan di mana kadar gula dalam darah melonjak tiba-tiba setelah kamu mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Baca Juga: Netizen Minta Prabowo Nikah, Ini Reaksi Gerindra

Penelitian lain menyatakan bahwa cuka dapat meningkatkan meningkatkan sensitivitas insulin pada 19 persen orang diabetes melitus tipe 2 dan 34 persen pada orang pradiabetes. Mengonsumsi dua sendok makan cuka ini sebelum tidur dikatakan dapat menurunkan kadar gula orang diabetes tipe 2 hingga 6 persen di pagi hari.

Baca Juga: Tanpa Kamu Sadari, 5 Kebiasaan Ini Bikin Pria Jadi Cepat Tua

Peneliti dari Arizona State University telah mempelajari manfaat dari minuman ini selama lebih dari 10 tahun. Ia menyatakan bahwa minuman berwarna kekuningan memiliki efek antiglikemik. Maksudnya, cuka ini bisa menghambat penyerapan karbohidrat sehingga gula darah kamu tidak meningkat secara drastis setelah makan.

Manfaat Jahe yang Jarang Diketahui, Cegah Obesitas Hingga...

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu