logo


Menpar Dukung Bandara Baru Sabang

Menpar menilai, kehadiran bandara itu dinilai penting untuk menunjang pariwisata di pulau paling barat Indonesia tersebut.

26 Maret 2019 17:16 WIB

Menteri Pariwisata Arief Yahya.
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Jitunews/Bayu Erlangga

SABANG, JITUNEWS.COM - Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menyatakan dukungannya dan akan membantu hadirnya bandara baru di Sabang.

Menpar menilai, kehadiran bandara itu dinilai penting untuk menunjang pariwisata di pulau paling barat Indonesia tersebut.

Tak hanya itu, kata Menpar, jika bandara baru tersebut hadir, maka mereka akan membantu promosi rute-rute penerbangan baru ke luar negeri.


Kunjungi Bandara Soetta, Menpar Tekankan Pentingnya LCCT

“Kemenpar siap membantu agar semua harapan Pemerintah Aceh untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan bisa tercapai. Apalagi kita ketahui, Sabang itu memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa dan sudah diakui keindahan taman lautnya. Kemenpar siap membantu, termasuk mempromosikan rute penerbangannya,” tutur Menpar, saat peluncuran ‘Calender of Event Aceh 2019’ di Jakarta, Sabtu (22/3) malam lalu.

Diketahui, bandara baru bertaraf internasional itu akan menggantikan Bandara Maimun Saleh, yang saat ini masih digunakan. Pemkot Sabang sudah menyiapkan lahan sekitar 40 hektare untuk bandara baru, yang meliputi Ujong Seuke (Anoi Itam), Bango (Keuneukai), dan Beurawang, Kecamatan Sukajaya.

Dikatakan Menpar, pihaknya akan mempromosikan rute-rute penerbangan baru dari Aceh ke luar negeri. Salah satu rute yang sangat memungkinkan yaitu rute penerbangan Sabang, Phuket (Thailand), dan Langkawi (Malaysia), yang lebih dikenal dengan istilah Sapula.

Selain itu, katanya, Aceh juga diuntungkan karena letak geografisnya yang dekat dengan pasar. Sebab, provinsi paling barat berbatasan dengan Malaysia, Thailand, dan India.

“Aceh itu lebih beruntung sebenarnya, karena lebih dekat dengan pasar. Makanya, pengembangan pariwisata Sabang itu perlu kita dukung. Kalau Sabang sudah memiliki bandar udara internasional baru, kita yakin arus kunjungan wisatawan dari Thailand, Malaysia dan Singapura ke Sabang pasti akan meningkat,” bebernya, sebagaimana dikutip dari tribunnews.com.

Selain itu, kata Menpar, saat ini Aceh juga menempati trending topik nomor satu nasional, karena Aceh banyak penggemarnya di seluruh Indonesia. Aceh juga adalah salah satu provinsi yang pertumbuhan wismannya sangat tinggi.

Ini Alasan Kemenpar Tunda Festival Crossborder Keerom 2019

Halaman: 
Penulis : Riana