logo


Aneh! Di Indonesia, yang Menang Selalu Capres Paling...

Pola ini selalu terbukti hingga tahun 2014. Bagaimana tahun ini?

26 Maret 2019 00:30 WIB

Prabowo, SBY, dan Jokowi
Prabowo, SBY, dan Jokowi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pesta demokrasi tahun ini adalah Pilpres langsung ke-4 sepanjang sejarah Indonesia. Dari 3 pilpres sebelumnya, telah tercatat sejumlah pola menarik yang selalu terbukti. Apakah itu?

Pertama, capres yang akan selalu menang adalah capres dengan badan tertinggi.

Baca juga: Catat! Inilah Daftar 16 Kandidat Pilpres Sepanjang Sejarah dari yang Termuda sampai Tertua!


Sandiaga Uno Puji 'Energi' Jakarta, Netizen: Sholat Jangan Lupa...

Benarkah? Mari kita lihat bersama. Di tahun 2004 tercatat 5 orang capres yaitu SBY, Megawati, Wiranto, Hamzah Haz, dan Amien Rais. Saat itu, SBY yang merupakan calon paling tinggi (177 cm) keluar sebagai juara. Nah, hal serupa juga terulang di Pilpres 2009 (SBY) dan 2014 (Jokowi).

Kedua, capres yang juara pasti usianya paling muda diantara yang lain. Hal ini terbukti pada tahun 2004 dimana SBY adalah kandidat presiden paling muda. Di tahun 2009 pun, SBY tetap paling muda dari segi usia dan keluar sebagai pemenang.

Bagaimana dengan Jokowi di tahun 2014? Sudah tidak usah ditanyakan lagi, Jokowi tercatat 10 tahun lebih muda dari Prabowo. Sama seperti SBY, Jokowi pun menang di Pilpres 2014.

Nah, di tahun 2019 ini, jika melihat pola tersebut, siapakah yang bakal terpilih? Atau jangan-jangan pola itu akan hancur di tahun 2019? Menurut Kawan Jitu?

Jokowi Sapa Banyuwangi, Netizen: Udah Pinter Omong...

Halaman: 
Penulis : De Sukmono