logo


Bandara NYIA Segera Beroperasi, Kemenkumham Bentuk Tim Pengawasan Orang Asing

Pembentukan Timpora tidak lepas dengan adanya potensi orang asing masuk di Kulonprogo

22 Maret 2019 20:46 WIB

Bandara NYIA, Kulon Progo, Yogyakarta
Bandara NYIA, Kulon Progo, Yogyakarta ist

KULONPROGO, JITUNEWS.COM – Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Kantor Wilayah DIY membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di Kabupaten Kulonprogo.

Pembentuk Timpora itu menyusul segera beroperasinya Bandara Baru Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport/NYIA) awal April mendatang.

Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Krismono, mengatakan, tim tersebut akan bertugas memantau keberadaan dan aktivitas orang asing.


Karo Humas Kemenkumham Ajak Masyarakat Berperan Aktif Tingkatkan Pelayanan Publik

Dia mengatakan, di Kabupaten Kulonprogo, ada 48 orang yang masuk dalam Timpora. Tiap kecamatan melibatkan camat, danramil dan kapolsek.

“Sudah selayaknya di Kulonprogo memiliki tim pengawasan orang asing karena akan ada bandara baru,” kata Krismono, sebagaimana diberitakan inews.id.

Krismono melanjutkan, pembentukan Timpora tidak lepas dengan adanya potensi orang asing masuk di Kulonprogo.

Keterbatasan jumlah pegawai Imigrasi, menjadi alasan untuk perlunya menggandeng pemda dan kecamatan dalam pengawasan orang asing. Salah satunya mengenai aktivitas orang asing, dan selama tinggal di DIY.

“Kebanyakan adalah wisatawan yang kini sudah sampai di pelosok-pelosok,” ucapnya.

Diketahui, setiap hari orang asing yang masuk di DIY sekitar 30 orang. Namun untuk Agustus sampai September yang bersamaan dengan musim liburan jumlahnya bisa meningkat tajam. Khususnya dari beberapa negara di Eropa.

Menkumham dan Dubes Rusia Bahas MLA Kedua Negara

Halaman: 
Penulis : Riana