logo


HUT ke-21, Kementerian BUMN Berbagi Inspirasi ke Ribuan Mahasiswa di Karawang

Acara ini dihadiri langsung oleh Menteri BUMN, Rini M Soemarno.

21 Maret 2019 21:07 WIB

Universitas Singaperbangsa Karawang
Universitas Singaperbangsa Karawang ist

KARAWANG, JITUNEWS.COM - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merayakan HUT Ke-21 di Karawang lewat berbagai rangkaian kegiatan, seperti berbagi di pesantren melalui penyerahan bantuan 6 Ruang Kelas Pesantren Nihiyatul Amal yang berlokasi di Rawamerta Karawang.

Acara ini dihadiri langsung oleh Menteri BUMN, Rini M Soemarno.

Perayaan hari jadi dilanjutkan dengan Kegiatan BUMN Goes to Campus di Universitas Singaperbangsa Karawang yang diramaikan oleh lebih dari 2.500 mahasiswa.


Menteri BUMN: Jika Ada Masalah, Telepon Saya

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan lebih dalam lagi tentang peranan BUMN dalam membangun negeri terutama melalui generasi millennial.

Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN, Wahyu Kuncoro, mengatakan, dengan diselenggarakannya kegiatan itu, para mahasiswa yang didominasi generasi milenial bisa lebih mengenal perusahaan-perusahaan negara dan mengetahui peran yang telah dikerjakan selama ini.

Ia pun mengajak para mahasiswa dapat mengembangkan diri mengikuti perkembangan zaman guna memenuhi kebutuhan industri di masa mendatang.

"Kebutuhan akan SDM yang berkualitas akan semakin meningkat dari tahun ke tahun jadi pengembangan diri sangatlah penting untuk bisa bersaing. Itu tidak hanya memberikan manfaat kepada diri sendiri tetapi juga bagi pembangunan daerah," tutur Wahyu.

Di kesempatan yang sama, sebagaimana dikutip dari mediaindonesia.com, Direktur Utama Pupuk Indonesia, Aas Asikin Idat, memaparkan kiprah BUMN dalam membangun negeri.

Menurut prognosis Kementerian BUMN, pada 2018 lalu, laba bersih yang dikantongi seluruh perseroan, termasuk kontribusi Pupuk Indonesia, mencapai Rp188 triliun. Pencapaian itu tumbuh tipis 1,07% dari Rp186 triliun pada 2017.

Capaian itu pun tidak sepenuhnya digunakan untuk kepentingan perusahaan tetapi juga disumbangkan untuk berbagai kegiatan yang menyentuh langsung di masyarakat. Salah satunya ialah membantu renovasi kantin Unsika yang sebelumnya dinilai masih kurang baik.

Asal tahu saja, PPMB sendiri merupakan program inisiasi BUMN yang berjalan salah satunya oleh Mahasiswa Universitas Singaperbangsa yang diikuti oleh 110 mahasiswa.

Program ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan oleh mahasiswa di dunia kerja nantinya.

Program itu dimulai pada Februari 2019 untuk Batch 1 dan berakhir pada Desember 2019 untuk Batch 2. Sejalan dengan PPMB, Kelas Terampil juga dilaksanakan selama periode Bulan Februari 2019 berupa Kelas Brevet Pajak A dan B, Training Public Speaking, E-entrepreneur yang diikuti lebih dari 280 mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang.

Kementerian BUMN HUT ke-21, Pertamina Gelar Bazar Murah!

Halaman: 
Penulis : Riana