logo


Wakil Ketua DPD RI Menegaskan Akan Melaksanakan Fungsi Berdasarkan Kepentingan Daerah

Berikut pernyataan lengkapnya

20 Maret 2019 17:25 WIB

Ketua Komite I DPD RI Akhmad Muqowam.
Ketua Komite I DPD RI Akhmad Muqowam. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua DPD RI Akhmad Muqowam mengatakan DPD RI harus melaksanakan fungsi berdasarkan kepentingan daerah, pasalnya DPD RI merupakan lembaga representasi daerah yang memperjuangkan hak-hak daerah di tingkat pusat.

“Ke depan soal DPD RI itu harus jelas. Kita (Pimpinan DPD) sepakat, di mana 17 April nanti kita harus berakhir dengan baik. Selain itu, kapasitas anggota juga perlu ada peningkatan,” ujarnya di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/3).

Menurut Muqowam, saat ini DPD RI masih menangani masalah-masalah sektoral yang seharusnya merupakan bidang yang dinaungi oleh DPR RI.


3 Fakta Terbaru Meninggalnya Ibunda Ustaz Abdul Somad, Lebih dari...

Maka dari itu, kata dia, anggota DPD RI harus mampu bekerja di ruang daerah, karena anggota DPD RI merupakan wakil daerah.

“Kita tahu ruang DPD RI adalah ruang pusat dan daerah. DPD bloknya daerah, DPR itu sektoral, seperti soal luar negeri, pertahanan keamanan, kepolisian, politik dalam negeri, atau pertanian. DPR berdasarkan pada sektoralitas,” tuturnya.

Senator asal Jawa Tengah ini berharap kedepan DPD RI harus sesuai dengan pandangan dalam UUD. Namun perkara itu tidak mudah, karena teman-teman di DPR RI tidak semua ‘welcome’ dengan DPD RI.

“Tetapi pondasi ini yang harus kita jaga kedepan, bahwa semua harus sesuai dengan amanat konstitusi atau UUD,” tukasnya.

 

Aa Gym dan Ustaz Syafiq Basalamah Bahas-Bahas Musibah, Ada Apa?

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Raka Kisdiyatma