logo


Tak Ingin Tewas Tergigit Anjing Rabies? Lakukan Hal Ini Sebagai Pertolongan Pertama

Apa yang harus dilakukan ketika kita digigit hewan yang terjangkit rabies?

19 Maret 2019 23:33 WIB

Ilustrasi, rabies.
Ilustrasi, rabies. Shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rabies memang penyakit yang mengerikan, karena ketika terjadi gejala klinis pada manusia maupun hewan kemungkinan berujung pada kematian. Lalu apa yang harus dilakukan jika terkena gigitan anjing rabies?

Pertama, kamu perlu mengetahui atau mengenal tanda-tanda hewan pembawa rabies tersebut. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan (Kemkes), Siti Nadia Tarmizi, mengungkapkan, hewan pembawa rabies tidak hanya anjing. Kera dan kucing juga termasuk hewan pembawa rabies.

Baca juga: Gak Nyangka, Ternyata Jahe Bisa Mengobati Asam Lambung Secara Alami


Kerap Dikonsumsi, Ternyata Petai Bisa Sebabkan Asam Urat

Tanda rabies pada hewan sangat bervariasi, seperti adanya perubahan tingkah laku. Perubahan perilaku itu ditunjukkan hewan terjangkit dengan mencari tempat yang dingin dan menyendiri, agresif atau menggigit benda-benda yang bergerak termasuk menggigit pemiliknya.

Selain itu juga perilaku hewan tersebut bisa ditandai dengan memakan benda-benda yang tidak seharusnya menjadi makanannya, hiperseksual, mengeluarkan air liur berlebihan, kejang-kejang, paralisis atau lumpuh. Setelah itu hewan tersebut akan mati dalam waktu 14 hari, tetapi umumnya mati pada 2-5 hari setelah tanda-tanda tersebut terlihat.

Hal pertama yang harus dilakukan setelah digigit adalah mencuci luka gigitan dengan sabun selama 15 menit. Ini sangat penting dan harus segera dilakukan setelah terjadi pajanan (jilatan, cakaran atau gigitan) oleh HPR untuk membunuh virus rabies yang berada di sekitar luka gigitan.

Apakah Kepribadian Kamu Termasuk Ambivert? Cek di Sini !

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu