logo


Soal Isu Peretasan KPU, Wiranto: Kita Bukan Orang Bodoh Ya..

Sistem teknologi informasi (TI) yang dimiliki KPU dan Bawaslu sudah mengantisipasi berbagai kemungkinan serangan peretas.

18 Maret 2019 14:39 WIB

Menko Polhukam Wiranto.
Menko Polhukam Wiranto. polkam.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto,‎ meminta masyarakat agar tidak khawatir dengan adanya isu peretas atau hacker dari Rusia maupun Tiongkok.

Pasalnya, sistem teknologi informasi (TI) yang dimiliki KPU dan Bawaslu sudah mengantisipasi berbagai kemungkinan serangan peretas.

"Kita kan juga bukan orang bodoh ya. Soal-soal high technology, itu juga KPU dan Bawaslu sudah mewaspadai itu. Jadi jangan khawatir kalau ada isu-isu bahwa seakan-akan ada hacker-hacker yang begitu canggih yang dapat seakan-akan menyulap hasil perhitungan suara seenaknya. Itu KPU dan Bawaslu dan Penyelenggara Pemilu sudah mewaspadai itu," kata Wiranto, usai memimpin rapat koordinasi khusus (Rakorsus) mengenai "Kampanye Terbuka" di Kementerian Polhukam, Jakarta, belum lama ini.


Waduh, Wiranto Tantang Prabowo dan Kivlan Zen untuk Sumpah Pocong

Lebih jauh, mantan Panglima TNI itu menegaskan, jika para kelompok peretas yang berasal dari dalam dan luar negeri ini mampu mengacaukan Pemilu, maka dari dulu tidak akan ada penyelenggaraan pesta demokrasi di seluruh dunia.

Pasalnya, pelaksanaan dan proses panjang berbulan-bulan akan menjadi percuma bila peretas mampu mengotak-atik hasilnya.

"Karena kalau itu bisa dilakukan di seluruh dunia, ya nggak usah ada Pemilu karena percuma kan," tukas Wiranto.

Kemudian, Wiranto pun mengatakan, Pemerintah sudah melakukan upaya-upaya dalam rangka mengantisipasi peretasan itu, dan menjamin peretas tidak akan bisa mengubah hasil Pemilu.

 

Muncul Isu Pemilu 2019 Tidak Aman, Wiranto: Kita Akan Hadapi dengan Kekuatan....

Halaman: 
Penulis : Riana