logo


WISATA KULINER YANG HARUS KAMU COBA DI CIREBON

Selain wisata religi, sejarah, dan alam ada satu lagi nih wisata yang wajib kamu nikmati saat kamu travelling ke Cirebon.

18 Maret 2019 14:10 WIB

Banyak sekali makanan tradisional maupun kekinian yang bisa kamu temukan di Cirebon. Berikut ini ulasan 8 wisata kuliner yang wajib kamu kunjungi
Banyak sekali makanan tradisional maupun kekinian yang bisa kamu temukan di Cirebon. Berikut ini ulasan 8 wisata kuliner yang wajib kamu kunjungi
dibaca 2258 x

Cirebon, kota di pesisir utara jawa yang terkenal dengan kota udang ini ternyata enggak Cuma punya tempat wisata religi dan sejarah. Namun, Cirebon juga punya wisata alam yang enggak kalah bagusnya dengan kota kota lain di Jawa Barat.

Selain wisata religi, sejarah, dan alam ada satu lagi nih wisata yang wajib kamu nikmati saat kamu travelling ke Cirebon. Benar, wisata kuliner! Banyak sekali makanan tradisional maupun kekinian yang bisa kamu temukan di Cirebon. Berikut ini ulasan 6 wisata kuliner yang wajib kamu datangi saat travelling ke Cirebon:

Nasi Jamblang. Source: travelingyuk.comsource: travelingyuk.com


Daerah ini Menyajikan Kuliner Paling Ekstrem di Indonesia, Mulai dari...

1.       Nasi Jamblang Ibu Nur

Nasi Jamblang adalah makanan khas Cirebon. Ciri khas Nasi Jamblang adalah menggunakan daun jati sebagai alas piring. Konon, daun jati ini mampu membuat masakan lebih harum. Kita bisa memilih sendiri lauk makan kita. Rekomendasi lauk untuk nasi jamblang Ibu Nur ini adalah cumi saus hitam, otak sapi goreng, pepes telur asin, dan perkedel kentang kering. Eits, tapi ingat jangan kalap dan pastikan kamu menghabiskan apa yang kamu ambil ya.

Empal Gentong. Source: tripadvisor.comsource: tripadvisor.co.za

2.       Empal Gentong Haji Apud

Selain nasi jamblang, ada lagi masakan khas Cirebon yaitu Empal Gentong. Empal gentong adalah masakan berkuah dengan daging yang dimasak hingga empuk. Empal Gentong Haji Apud ini sudah berdiri sejak tahun 1994, loh. Pendiri Empal Gentong Haji Apud awalnya berjualan empal gentong keliling menggunakan gentong dari tanah liat. Walaupun sudah puluhan tahun berjualan namun empal gentong ini tetap terjaga cita rasanya.

Seafood Jumbo. Source: nurulnoe.comsource: travelingyuk.com

3.       Seafood Jumbo

Terletak di pesisir utara pulau jawa membuat Cirebon kaya dengan hasil lautnya. Seusai Namanya, yang membuat unik restoran ini adalah hidangan udang dan kepiting dengan ukuran jumbo, walaupun restoran ini juga menyediakan hidangan ukuran regular juga. Di restoran ini, kamu bisa memesan menu-menu andalan seperti cumi goreng tepung, ikan kerapu bakar, kepiting saos padang, dan jangan lupa ca kangkung sebagai pendamping makanan laut kamu.

Panties Pizza Cirebon. Source: pantiespizza.comsource: pantiespizza.com

4.       Panties Pizza Cirebon

Makanan kekinian yang berpusat di Solo ini baru saja membuka outlet terbarunya di Cirebon. Di Panties Pizza kamu bisa memesan pizza yang berbeda dengan pizza pada umumnya. Yang membedakan adalah pizza lain menggunakan topping, sedangkan Panties Pizza menggunakan filling. Ciri khas dari Panties Pizza adalah keju mozzarella yang molor dan lumer yang bisa kamu tarik sepanjang mungkin. Selain pizzanya yang enak, harganya juga terjangkau loh. Kamu bisa menikmati lelehan keju di dalam pizza cuma dengan 30 ribuan aja. Kamu juga bisa nongkrong bareng temen temen kamu di outlet Panties Pizza Cirebon. Di sana kamu bisa foto foto karena tempatnya instagramable banget. Lumayan kan, bisa makan enak sekaligus dapat bahan buat posting di Instagram juga.

Martabal Kriwil. Source: instagram.com/aboutcirebonfoodsource: IG aboutcirebonfood

5.       Martabak Kriwil

Mungkin martabak telur sudah tidak asing di telinga kita. Tapi, martabak yang satu ini beda. Kamu bisa menemukan kelezatan martabak telur ditambah dengan topping keju mozzarella. Martabak ini bisa kamu temukan di food truck di sekitar stasiun Parujakan. Selain martabak telur, kamu juga bisa memesan martabak manis dengan berbagai varian rasa yang kekinian.

Little Black Coffee. Source: kopertraveler.idsource: kopertraveler.id

6.       Little Black Coffee

Pengen nyantai setelah seharian berkeliling Cirebon? Datang aja ke Little Black Coffee. Selain nyantai, kamu juga bisa menambah koleksi foto buat postingan media social kamu karena interior di kedai kopi ini minimalis kekinian gitu. Buat yang suka kopi tenang, karena di sini menyediakan minuman non-kopi juga.

Ditulis oleh: Angri Pramudya

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Warisan Belanda, Kuliner ini Melegenda Hingga Sekarang

Halaman: 
Admin : Vicky Anggriawan