logo


Jelang Debat, Akhirnya Ma'ruf Amin Temukan Cara Atasi Pembatasan Waktu

Cara apa yang akan dilakukan oleh KH. Ma'ruf di debat besok?

16 Maret 2019 12:59 WIB

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Maruf Amin.
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Maruf Amin. Jitunews/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengaku siap menghadapi debat cawapres, Minggu (17/3).

Ma'ruf menegaskan tidak ada satu pun materi yang membebani pikirannya. "Persiapan debat biasa saja. Saya jalan, jalan saja. Ngobrol-ngobrol saja, enggak ada yang spesifik," kata Ma'ruf dalam keterangan pers, Jumat (15/3).

"Intinya debat itu bagaimana membangun Indonesia maju lebih baik dari yang sekarang, lebih meningkatkan, lebih menyempurnakan, lebih menambah lagi. Itu saja. Tinggal mengikuti alur debat, ikut apa yang dikatakan panelis dan moderator," ujarnya.


Romi Kena OTT KPK Saat Mencari Uang untuk Pemenangan Jokowi-Ma'ruf? Begini Respon TKN

Ma'ruf mengaku pembatasan waktu berbicara di saat debat berlangsung masih menjadi masalah pribadinya. Karena sebagai ulama, dia terbiasa bicara panjang menyampaikan gagasan.

"Biasanya bicara lepas satu jam dua jam. Ketika dibatasi, ya tentu tidak mudah. Saya mesti menyesuaikan diri," imbuhnya.

Saat ditanya mengenai siasat untuk mengatasi terbatasnya waktu untuk mengungkapkan gagasan, dia menjawab sudah menemukan caranya. Namun, Ma'ruf merahasiakannya. "Ya adalah, caranya ada. Bagaimana, lihat saja nanti," pungkasnya.

Diminta Copot Gelar Ulama, Ma'ruf Bilang "Itu Mah Gak Bisa, Nempel...."

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu