logo


Kisruh DPT Sudah Ada Sejak 1999, Anggota MPR Ini Tawarkan Solusinya, "Persoalan Ini Selesai Dengan..."

"DPT merupakan masalah besar bagi pemerintah, siapapun yang berkuasa. Bayangkan sejak pemilu 1999 sampai pemilu 2019 ini, selalu ada masalah DPT"

15 Maret 2019 20:10 WIB

Viva Yoga Mauladi, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI
Viva Yoga Mauladi, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota MPR dari Fraksi PAN, Viva Yoga Mauladi menyebutkan kisruh Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah terjadi sejak penyelenggaraan Pemilu 1999 hingga saat ini.

Menurutnya kisruh DPT ini terjadi akibat mismanajemen kependudukan. Dan persoalan ini bisa diatasi dengan single identity number.

Baca Juga: KPK Tangkap Rommy, Netizen Malah Puji Jokowi, "Tidak Pandang Bulu, Semua Korupsi Ditangkap"


“Fakta Masuknya WNA ke DPT Itu Bisa Jadi Merupakan Fenomena Gunung Es…”

Dulu Hanya Lilin, Masyarakat Puncak Jaya Kini Nikmati Terangnya Lampu Tenaga Surya Hemat Energi

“Kalau kita sudah punya single identity number maka sebagian besar persoalan DPT akan selesai, misalnya NIK ganda, NIK kosong, pemilih fiktif. Persoalan DPT seperti itu bisa selesai dengan single identity number,” ujar Viva di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (15/3).

Viva mengungkapkan bahwa kisruh DPT yang terjadi belakangan ini bukanlah yang pertama kali. Kisruh DPT sudah terjadi sejak Pemilu 1999 hingga saat ini.

“Artinya, DPT merupakan masalah besar bagi pemerintah, siapapun yang berkuasa. Bayangkan sejak pemilu 1999 sampai pemilu 2019 ini, selalu ada masalah DPT. Misalnya dalam Pemilu 2014, PDIP mempersoalkan 10, 8 juta DPT yang bermasalah,” katanya.

Adik Prabowo Sebut Ada Seumuran Yesus Masuk DPT, "Banyak Orang Mati, Hidup Kembali, dan Nyoblos"

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Nugroho Meidinata