logo


Kunjungi Pidie, Menteri ATR/Kepala BPN Bagikan 27 Sertifikat

Sofyan mengatakan bahwa sertifikat tanah sangat penting sekali karena memberikan kepastian hukum atas para pemilik tanah.

15 Maret 2019 14:13 WIB

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan A. Djalil, melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Aceh.
Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan A. Djalil, melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Aceh. Kementerian ATR/BPN

PIDIE, JITUNEWS.COM - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan A. Djalil, melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Aceh. Dalam kunjungannya tersebut, dia berkesempatan menyerahkan 27 sertifikat tanah kepada masyarakat di Pendopo Kabupaten Pidie, Aceh, Rabu (13/3).

27 sertifikat tanah yang dibagikan tersebut berasal dari 1 Sertifikat Hak Pakai, 10 sertifikat wakaf, 14 sertifikat hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) serta 2 sertifikat untuk Usaha Kecil Mikro (UKM).

Dalam sambutannya, Sofyan A. Djalil mengatakan bahwa sertifikat tanah sangat penting sekali karena memberikan kepastian hukum atas para pemilik tanah.


Jajal MRT Jakarta, Menteri ATR/Kepala BPN: Kami Bangga...

"Konflik tanah yang terjadi dikarenakan banyak masyarakat yang tidak punya sertifikat tanah," ujar Menteri ATR/Kepala BPN.

Karena kondisi tersebut, Presiden RI, Joko Widodo sudah memerintahkan Kementerian ATR/BPN agar mempercepat penyertipikatan tanah milik masyarakat. "Melalui PTSL, kami berhasil mendaftarkan 5,4 juta bidang tanah pada tahun 2017, mendaftarkan 9,3 juta bidang tanah pada tahun 2018. Untuk tahun 2019 ini, target kami mendaftarkan 9 juta bidang, tetapi kami optimistis bisa mendaftarkan 10-11 juta bidang," kata Sofyan A. Djalil.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pidie, Roni Ahmad, mengapresiasi hasil kerja Kantor Pertanahan Kabupaten Pidie dalam pelaksanaan PTSL.

"PTSL sejatinya memberikan kepastian hukum atas tanah masyarakat di Kabupaten Pidie. Hal ini juga menekan sengketa sengketa tanah," kata Roni Ahmad.

Bupati Pidie mengatakan, target PTSL di Kabupaten Pidie meningkat dari tahun lalu.

"Tahun lalu, target PTSL di Kabupaten Pidie sebanyak 7.500 bidang, namun tahun ini targetnya naik 13.000 bidang," pungkas Roni Ahmad.

Kementerian ATR/BPN Targetkan 3.000 SKB Tahun 2019

Halaman: 
Penulis : Riana