logo


Jangan Terlalu Sering Makan Kulit Ayam Goreng, Bahaya!

Ternyata terlalu sering mengonsumsi kulit ayam bisa berbahaya bagi kesehatan.

15 Maret 2019 09:58 WIB

Ayam Goreng
Ayam Goreng bisniswaralaba.id

2. Risiko gangguan pencernaan

Melansir dari Steem It, konsumsi kulit ayam bisa berisiko mendatangkan masalah pencernaan. Kulit ayam bisa saja mengandung bakteri campylobacter jejuni. Infeksi bakteri ini bisa menimbulkan penyakit Campylobacteriosis.

Efeknya, orang akan mengalamidiare, kram, sakitperut dan demamselama 2-5 hari. Kulitayam yang tidak bersih juga bisa mengandung bakteri Salmonella penyebab tifus.


Kebiasaan Ini Sering Dilakukan, Padahal Bisa Membuatmu Terkena Kanker Kulit

3. Tinggi kalori

Konsumsi ayam plus kulitnya bisa menambah asupan kalori tubuh. Terlebih jika ayam diolah dengan cara digoreng tepung. Proses ini membuat semakin banyak minyak masuk ke dalam ayam.

Dikutip dari Fit Day, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) melaporkan satu cangkir dada ayam masak tanpa kulit mengandung 231 kalori. Sedangkan dada ayam masak dengan kulit mengandung 276 kalori.

Untuk lemak, kulit ayam mengandung 3 gram lemak jenuh dalam 1 ons sajian (28,3 gram). American Heart Association menyarankan konsumsi lemak jenuh 5 atau 6 persen dalam diet total harian. Jika total kalori harian sebanyak 2000 kalori, maka total lemak jenuh yang disarankan sebanyak 13 gram. (els/chs)

Sering Dinilai Buruk, Tidur Larut Malam dan Bangun Siang Punya Manfaat Baik

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu