logo


208 Ribu Sekolah Terapkan Penguatan Pendidikan Karakter

PPK adalah program tentang 8 jam belajar dalam sehari, selama lima hari sekolah.

14 Maret 2019 22:07 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hilmar Farid, mengungkapkan, sekitar 208 ribu sekolah menerapkan program penguatan pendidikan karakter (PPK).

PPK adalah program tentang 8 jam belajar dalam sehari, selama lima hari sekolah. PPK ini diterapkan di sekolah-sekolah dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah atas.

Pelaksanaan PPK diserahkan kepada guru di sekolah, dan disesuaikan dengan kearifan lokal tempat sekolah berada.


Kemendikbud: Puncak Guru Pensiun Terbesar Akan Terjadi Tahun 2020

"Penguatan pendidikan karakter itu 2016 dimulai secara formal ketika keluar Permendikbud awalnya 542 sekolah. Kabupaten, kota bersemangat, hampir berjalan sekarang di 208 ribu sekolah," kata Hilmar, dalam diskusi Membangun Karakter dan Mental SDM Indonesia di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (14/3).

Hilmar menyatakan, PPK juga memerhatikan pada hal-hal kecil yang tak diajarkan di kelas. Hilmar juga mencontohkan, keterlibatan siswa untuk membersihkan sekolah dalam waktu tertentu. Menurut dia, hal seperti ini juga untuk meningkatkan kedisiplinan anak.

Menurut dia, PPK juga untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi Revolusi Industri 4.0. Indonesia diharapkan ikut memimpin revolusi ini.

"Syarat dasar kita untuk ikut terlibat kalau bisa memimpin Revolusi Industri 4.0 adalah mengatasi inferiority (rasa rendah diri)," tutur dia, sebagaimana diwartakan kompas.com.

 

Kemendikbud: Pemberian Tunjangan Guru Terus Meningkat

Halaman: 
Penulis : Riana