logo


Suharno Harap Ormas Redam Gesekan Politik di Masyarakat

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Forum Kemitraan Organisasi Kemasyarakatan.

14 Maret 2019 20:35 WIB

Ketua Umum Partai Republik Suharno Prawiro.
Ketua Umum Partai Republik Suharno Prawiro. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

BANDUNG, JITUNEWS.COM - Hari ini, Kamis (14/3), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Forum Kemitraan Organisasi Kemasyarakatan. Forum tersebut dihadiri oleh berbagai organisasi kemasyarakan yang selama ini aktif di Jawa Barat, khususnya di Bandung.

Forum yang digelar di Sutan Raja Hotel Soreang, Kabupaten Bandung tersebut diadakan dalam rangka kewaspadaan nasional, apalagi saat ini menjelang hari pencoblosan Pemilu dan Pilpres 2019 April nanti.


Mendagri Imbau KDH dan DPRD Tak Lakukan Kunker atau Izin Ke Luar Negeri

Dewan Pakar Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) Mayjen (Purn) Suharno menjelaskan, menjelang April 2019, intensitas politik akan semakin tinggi dan kerawanan gesekan sosial jug bakal semakin tinggi juga. Oleh sebabnya ia menghimbau semua pihak untuk waspada terjadinya konflik horizontal serta selalu mengedukasi masyarakat agar tidak terpancing provokasi yang dilakukan pihak tak bertanggung jawab.

"Saya harap semua ormas terus menjaga kondusifitas lingkungan masyarakat dan mengisi pesta demokrasi kita dengan riang gembira," ujar Suharno di Bandung, Kamis (14/3).

Saat ini memang Kemendagri sudah membuat regulasi, kebijakan, dan sistem indivasi pelayanan serta membangun komunikasi sosial antar masyarakat yang ditujukan untuk memperkuat pelayanan terhadap ormas dan untuk mengetahui peran ormas dan mendorong ormas agar bisa berkontribusi dalam pembangunan nasional. Namun hak itu tidak cukup jika ormas tidak dilibatkan dalam menjaga stabilitas keamanan nasional.

"Forum ini adalah forum yang tepat untuk melakukan konsolidasi organisasi kemasyarakatan agar koheren dengan misi pemerintah dalam upayanya menjaga kondusifitas masyarakat menjelang pemilu 2019," pungkasnya.

Kemendagri Minta Bupati Tator Taati UU Pemda dan UU ASN

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan