logo


Daftar Buah-buahan yang Mampu Turunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Jika diabaikan, kolesterol tinggi bisa memicu terjadinya stroke dan serangan jantung, lho!

12 Maret 2019 15:22 WIB

Buah
Buah Istimewa

3. Berries (strawberry, blueberry, cranberry)

Keluarga beri kaya akan pektin, serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus, sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik HDL.

Baca juga: Ternyata Kebiasaan Pelupa Adalah Tanda Kecerdasan yang Tinggi, Ini Buktinya!


Ingin Punya Wajah Glowing Layaknya Artis Korea? Yuk, Cobain 2 Cara Ini !

4. Jeruk

Kandungan vitamin C ini dapat membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Jeruk memiliki serat larut yang dapat mengontrol kadar kolesterol dalam makanan. Jeruk juga memiliki kandungan d-limone, yaitu senyawa kimia yang dapat melarutkan kolesterol dalam tubuh.

5. Apel

Salah satu fungsi yang dapat menurunkan kolesterol adalah kulit apel yang mengandung pektin. Pektin merupakan serat larut yang dapat menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kandungan pektin ini akan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan dan mengeluarkannya lewat urine dan feses.

Baca juga: Ini 5 Alasan Kenapa Pria Lebih Tua Adalah Sosok Suami Idaman

6. Pepaya

Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yang juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kolestrol bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, hingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah.

Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

Kenapa Kita Tidak Boleh Melihat Gerhana Matahari dengan Mata Telanjang?

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu