logo


Bangun 14 Sumur Bor, Warga 3 Kabupaten Ini Tak Lagi Kesulitan Air Bersih

Badan Geologi Kementerian ESDM telah membangun sebanyak 2.290 unit sumur bor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia

12 Maret 2019 13:53 WIB

Peresmian sumur 14 sumur bor yang dipusatkan di Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Selasa (12/3).
Peresmian sumur 14 sumur bor yang dipusatkan di Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Selasa (12/3). Kementerian ESDM

MAGELANG, JITUNEWS.COM - Lebih dari 40 ribu warga di Kabupaten Magelang, Purworejo dan Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah kini tak lagi kesulitan mendapatkan air bersih. Dengan biaya Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2018, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Badan Geologi telah membangun 14 sumur bor air tanah dalam di 14 Desa yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih.

Kepala Biro Hukum Kementerian ESDM, Hufron Asrofi yang mewakili Menteri ESDM Ignasius Jonan dalam peresmian sumur bor ini mengungkapkan, program penyediaan air bersih melalui pengeboran air tanah dalam ini berhasil membantu mengatasi persoalan pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat di daerah sulit air, khususnya di wilayah yang mengalami kendala dalam penyediaan air bersih karena kondisi alamnya.

“Penyerahan sumur pada hari ini menandakan bahwa sumur bor yang telah dibangun pada tahun 2018 dapat secara penuh digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Penyerahan ini juga dimaksudkan sebagai sosialisasi kepada masyarakat bahwa Pemerintah melalui Kementerian ESDM memiliki program yang pro terhadap kesejahteraan masyarakat, yaitu pengentasan daerah sulit air bersih melalui pengeboran air tanah dalam. Negara hadir untuk mengatasinya,” ujar Hufron saat meresmikan sumur 14 sumur bor yang dipusatkan di Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Selasa (12/3).


2019, Prospek Lelang Blok Migas Terus Bergairah

Sejak tahun 2005 hingga 2018 lanjut Hufron, Badan Geologi Kementerian ESDM telah membangun sebanyak 2.290 unit sumur bor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dengan kapasitas debit air bersih mencapai sekitar 144,4 juta m3/tahun, sumur bor ini dapat melayani kurang lebih 6,6 juta jiwa.

“Sementara pada tahun anggaran 2018, Badan Geologi Kementerian ESDM telah membangun 506 titik sumur bor air tanah yang tersebar di sekitar 175 kabupaten/kota di 27 Provinsi, termasuk yang diresmikan hari ini” ungkap Hufron.

LNG Kapasitas Kecil Siap Dukung Penyaluran Gas ke Masyarakat

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata