logo


5 Perbedaan Bos dan Leader yang Harus Kamu Ketahui

Apa saja perbedaannya?

11 Maret 2019 14:03 WIB

Boss vs Leader
Boss vs Leader Lendio.com

2. Pemimpin selalu membangun orang lain untuk maju, bos hanya 'menggunakan' orang lain.

Melalui berbagai pekerjaan dan tanggung jawab masing-masing, pekerja semestinya diberdayakan dengan baik agar merasa nyaman. Seorang pemimpin akan selalu mengajak rekan dan bawahannya untuk berkembang dan bertumbuh melalui tantangan pekerjaan. Bukan menjadi atasan yang asal menyuruh dan terima beres dengan masing-masing pekerjaan yang diberikan.

3. Bos membangkitkan rasa takut pada bawahannya, pemimpin adalah dia yang saling menghargai.


Sekilas Tentang Asuransi Syariah

Adanya perbedaan jabatan terkadang akan menimbulkan kesenjangan antara satu dengan lainnya. Bahkan, tak jarang antara atasan dan bawahan tidak saling mengenal. Nah, seorang bos biasanya menciptakan rasa takut kepada karyawannya.

Konon, hal ini agar membuat karyawan lebih menghargai dia sebagai bos. Sedangkan, pemimpin yang baik adalah mereka yang saling tahu dan mengerti posisi serta saling menghargai agar tercipta suasana kerja yang kondusif.

4. Pemimpin selalu memberi apresiasi dan bos biasanya selalu melihat prestasi seseorang apakah mumpuni atau tidak.

Perbedaan kali ini adalah berkaitan dengan sebuah penghargaan. Bos meminta sebuah penghargaan dari bawahannya, apa saja yang selama ini pernah ia capai. Hal ini digunakan sebagai tolak ukur apakah kemampuannya baik atau tidak. Sedangkan, seorang pemimpin akan memberi kesempatan bagi mereka yang mau berusaha dengan keras. Dan di setiap titik pekerjaan yang dilakukan, seberapa kecil itu, sang pemimpin akan menghargainya dengan sebuah penghargaan moril atau materi.

5. Kalo bos suka memerintah 'Go', kalo seorang pemimpin 'Let’s Go'.

Bagi dia yang suka memerintah, mereka akan suka berkata 'GO' atau 'Pergi sekarang'. Sangat berbeda maknanya ketika sang atasan berkata 'Ayo pergi'. Kembali pada poin di atas bahwa seorang pemimpin akan selalu mengajak duka bersama dan suka bersama. Sedangkan, seorang bos biasanya akan hanya menyuruh dan terima asal jadi.

Boss vs Leader, Kamu Tipe yang Mana?

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma