logo


Resep Herbal Jitu dari Bunga Kenanga

Cara mengobati penyakit bronkitis bisa menggunakan bunga Kenanga

23 Februari 2015 16:26 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Siapa yang tak kenal bunga Kenanga. Yap, bunga cantik ini terkenal sebagai bunga hias dan juga mendapat julukan si bunga parfum lantaran aromanya yang memikat.

Ternyata, kegunaan bunga Kenanga tidak terbatas hanya sebagai bunga hias saja lho, namun ada pula manfaatnya bagi kesehatan. Pasalnya, sudah sejak dulu tanaman ini digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti sesak nafas, bronkitis, dan malaria.

Nah, berikut ini ada beberapa macam penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan bunga Kenanga dan cara meracik ramuan dari bunga Kenanga, cek yah!


3 Obat Tradisional Ini Ampuh Usir Asam Urat dan Reumatik

Mengobati Bronkitis

Bronkitis merupakan penyakit yang terjadi karena peradangan pada selaput lendir di saluran bronchial. Hal tersebut disebabkan oleh virus atau bakteri, sehingga menyebabkan batuk berdahak disertai dengan sesak nafas dan berlangsung lama. Cara mengobati penyakit bronkitis bisa menggunakan bunga Kenanga. Caranya, ambil bunga Kenanga sebanyak dua kuntum, lalu rebus dengan segelas air sampai tersisa setengahnya. Saring dan minum airnya setelah dingin dua kali sehari.

Jamu Sesudah Melahirkan

Setelah proses persalinan, pastinya seorang ibu memerlukan pemulihan kondisi tubuhnya kembali. Sejak zaman dahulu sebelum ada bidan atau dokter biasanya dibuatkan jamu dari bunga Kenanga untuk ibu setelah melahirkan. Cara membuat ramuan jamu tersebut dengan menyiapkan bahan-bahan alami, seperti bunga Kenanga muda, kunyit, kunci pepet, jalawe, kayu rapet, jakeling, pegatsih, dan jongrahab. Kemudian haluskan semua bahan tadi sampai benar-benar halus, lalu seduh menggunakan air panas. Saring dan minum air ramuan tersebut.

Mengobati Malaria

Malaria merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh nyamuk malaria. Untuk mengobatinya bisa menggunakan bunga Kenanga. Caranya, sediakan bunga Kenanga sebanyak 3 kuntum, lalu keringkan. Setelah itu, seduh bunga Kenanga kering menggunakan air panas sebanyak satu gelas dan tutup rapat, biarkan sampai dingin. Saring dan minum airnya secara rutin dan teratur.

Mengobati Sesak Nafas

Sesak nafas bisa disebabkan oleh alergi, seperti debu dan bisa juga karena asma. Untuk mengobatinya dapat menggunakan bunga Kenanga sebanyak setengah genggam yang direbus bersama 1,5 sdm gula putih dan segelas air sampai tersisa setengahnya. Saring dan minum air rebusan tadi dua kali sehari, di waktu pagi dan sore.

Membantu mengobati Luka (Sebagai Antiseptik)

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 50 gram bunga Kenanga yang dicuci bersih dan tumbuk hingga halus, tambahkan 20 cc minyak kelapa yang sudah di panaskan sebentar. Setelah dingin oleskan pada bagian kulit yang sakit 2 kali sehari.

Nah, banyak sekali kan khasiat dari bunga Kenanga ini. Jadi jangan ragu memanfaatkannya sebagai obat herbal yah!

'Sejuta' Manfaat Tersembunyi Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Halaman: 
Penulis : Riana