logo


April 2015, Jalan Tol Trans Sumatera Mulai Dibangun

Peletakan batu pertama (groundbreaking) Trans Sumatera akan dilakukan April 2015 ini

23 Februari 2015 16:05 WIB

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (Ist)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pembangunan jalan tol Trans Sumatera direncanakan akan dimulai pada awal April 2015 ini. Rencananya Presiden Joko Widodo langsung yang akan melakukan groundbreaking pembangunan tol yang menghabisakan anggaran sebesar Rp 63,5 triliun itu.

"Peletakan batu pertama (groundbreaking) Trans Sumatera akan dilakukan April 2015 ini," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Jakarta, Senin (23/2).

Basuki mengatakan, dana sebesar Rp 63,5 triliun tidak hanya untuk infrastruktur jalan tol saja, namun digunakan untuk pemugaran pelabuhan Bakauheni yang ditaksir menelan biaya sebesar Rp 2,5 triliun, dan pemugaran pelabuhan Merak yang menelan biaya Rp 8 triliun.


PUPR Tetapkan Tarif Integrasi Tol Jakarta Cikampek II Mulai 17 Januari, Berikut Rinciannya

Saat ini Basuki hanya tinggal menunggu waktu dari Jokowi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno kapan waktu yang bisa untuk melakukan peletakan batu pertama mega proyek tersebut.

Sementara itu Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, Kementerian BUMN tengah melakukan koordinasi terus dengan beberapa kementerian terkait dalam mensukseskan pembangunan jalan tol Trans Sumatera. Kementerian BUMN telah melakukan koordinasi dengan Kementerian PUPR, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Gubernur Lampung dan Gubernur Sumatera Selatan.

"Di permulaan tahun ini pada kuartal 1/2015 diharapkan sudah bisa mulai membangun tol Trans Sumatera, mulai dari Bakauheni," terangnya.

Kementerian PUPR Targetkan Pembangunan Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran Selesai Bulan Ini

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan