logo


Stop Cabut Uban! Ini Hal Buruk yang Mengintaimu

Bagi mereka yang tidak suka dengan rambut putih itu memilih untuk mengecat rambutnya menjadi hitam atau mencbautnya

8 Maret 2019 14:32 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rambut warna putih atau uban memang terkadang membuat seseorang merasa tidak percaya diri dengan penampilannya.

Bagi mereka yang tidak suka dengan rambut putih itu memilih untuk mengecat rambutnya menjadi hitam atau mencbautnya. Nah, cara kedua ini dinilai memiliki dampak buruk.

Apa saja?


Tak Hanya untuk Hiasan Rumah, Ternyata Bunga Baik Juga untuk Kesehatan

1. Rambut tumbuh ke dalam

Ketika mencabut rambut dengan gerakan cepat dari permukaan kulit, hal itu bisa mengganggu dan merusak lapisan tipis area rambut.

Lapisan tersebut berguna untuk mengarahkan pertumbuhan rambut keluar ke permukaan kulir dari dalam kantung rambut.

Gangguan di lapisan ini bisa memicu berbagai masalah, dan yang sering ditemui adalah rambut tumbuh ke dalam.

Sebab, lapisan tipis yang mengelili rambut sudah tidak ada maka rambut baru yang muncul tidak mempunyai jejak yang bisa diikuti untuk mengarahkannya tumbuh keluar kulit.

2. Rambut semakin tipis

Mencabut rambut di kepala artinya telah memicu trauma ringan pada kulit kepala dan juga kantung rambut. Kamu bisa mengalami sakit selama 1 detik serta mengalami kemerahan selama 1 menit karena pembuluh darah membesar.

Selain itu, kamu sudah menyebabkan ketegangan pada folikel atau kantung pada rambut. Apabila kamu terus menerus mencabuti rambutmu dengan kasar, stres pada kulit kepalamu akan membuat rambut semakin tipis. Bahkan, pertumbuhan rambut bisa terhambat.

3. Buang-buang waktu

Mencabuti rambut yang mulai memutih bukan solusi yang tepat untuk menghilangkan uban di kepalamu. Setelah divabut, maka siklus kantung rambut akan bekerja kembali dan menumbuhkan rambut yang baru di tempat yang sama dan akan tetap beruban.

Hal itu terjadi sebabsel-sel pigmen di dalam kantung rambut sudah mati. Sehingga rambut tidak mendapatkan pigmen lagi dan ini tidak bisa diperbaiki.

Tak Cuma Bikin Hubungan Makin Mesra, Berciuman Punya Efek yang Dahsyat Bagi Kesehatan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata