logo


Kasus Andi Arief Siapa Diuntungkan?

Pemberitaan yang begitu masif tertangkapnya Andi, tidak hanya dapat dimanfaatkan secara politik, tetapi jangan sampai isu tersebut justru dimanfaatkan untuk promosi gratis para pengedar

6 Maret 2019 13:48 WIB

Andi Arief
Andi Arief Twitter @andi_arief
dibaca 167 x

Publik dikagetkan dengan penangkapan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Andi Arief, yang terjerat kasus narkoba oleh pihak kepolisian. Hal ini tentu berpengaruh terhadap elektabilitas politik kubu oposisi.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah, Adi Prayitno mengatakan, kasus narkoba Andi Arief akan berdampak kepada elektoral Partai Demokrat. "Bagaikan kiamat di siang hari,” kata adi. Menurut Adi, kasus Andi cukup merusak Demokrat yang sedang mencitrakan diri berpolitik dengan santun, bersih, dan berkeadaban. “Ini pukulan telak di tengah upaya Demokrat yang berupaya menjadi partai tiga besar”, pungkasnya.

Namun hal berbeda dikatakan oleh kubu petahana, Wakil Sekretaris TKN Ahmad Rofiq, mengaku tercengang mendengar kasus Andi. Rofiq berharap kasus ini menjadi pelajaran bagi semua pihak. Dia pun mengapresiasi kinerja kepolisian yang memberantas peredaran narkoba tanpa pandang bulu.


Bahas Andi Arief, Ini Komentar Yusuf Mansur

"Sebagai public figure, tentu sangat disayangkan dan patut mendapat hukuman yang setimpal. Harap ini jadi pelajaran penting bagi semuanya. Bagaimanapun, narkoba adalah perusak masa depan bangsa. Harus diberantas," kata Rofiq.

Meskipun demikian, kasus penangkapan Andi Arief menyisakan sejumlah keprihatinan bahwa narkoba telah merasuk dalam sendi-sendi perpolitikan Indonesia. Dalam beberapa kasus banyak politisi yang terjerat kasus narkoba menunjukkan bahwa narkoba dapat mengancam kehidupan bangsa.

Di luar politik, isu penangkapan Andi Arief juga agar menjadikan efek jera bagi pengguna ataupun pengedar. Pemberitaan yang begitu masif tertangkapnya Andi, tidak hanya dapat dimanfaatkan secara politik, tetapi jangan sampai isu tersebut justru dimanfaatkan untuk promosi gratis para pengedar untuk menimbulkan rasa penasaran generasi muda untuk mencicipi narkoba mengingat opini yang dibangun di media Andi hanya direhabilitasi untuk menghindari jeratan hukum.

 

Ditulis oleh: Billy Costigan\'s

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Pengamat Nilai Kasus Andi Arief Jadi Amunisi Pendukung Jokowi-Ma'ruf

Halaman: 
Admin :