logo


Bakal Impor LNG dari Mozambik, Ini Alasan Pertamina

Perjanjian jual beli tersebut untuk satu juta ton per tahun (MTPA) dengan jangka waktu 20 tahun, dan akan dimulai pada 2024 mendatang.

5 Maret 2019 13:29 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. bechtel.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Pertamina akan mengimpor Liquefied Natural Gas atau LNG dari Mozambik. Keputusan ini diambil perusahaan karena mengantisipasi cadangan gas alam cair yang mulai menipis pada masa mendatang padahal kebutuhan atas gas semakin meningkat.

Direktur Pemasaran Korporat Pertamina, Basuki Trikora Putra, menjelaskan, pihaknya telah menandatangani Perjanjian Jual Beli (SPA) dengan Anadarko Petroleum Corporation untuk pembelian gas alam cair dari Mozambik LNG1 Company Pte Ltd, yang merupakan entitas penjualan bersama yang dimiliki dari Mozambik Area 1 co-venturer.

Perjanjian jual beli tersebut untuk satu juta ton per tahun (MTPA) dengan jangka waktu 20 tahun, dan akan dimulai pada 2024 mendatang.


Pertamina Minat Ambil Proyek LNG di Filipina, Investasinya Wow!

Untuk pemilihan Mozambik sendiri, kata Basuko, karena pihak Mozambik berani menawarkan harga LNG yang cukup terjangkau dibandingkan negara lain.

"Harganya paling terbaik dari Mozambik," beber Basuki, di Gedung DPR, Senin (4/3).

Basuki menuturkan bahwa impor tersebut dilakukan karena kebutuhan. Pasalnya, keseimbangan pasokan gas semakin lama semakin tidak seimbang antara produksi dan kebutuhan domestik.

"Makin lama kan makin tidak seimbang antara produksi dan kebutuhan domestik. Sektor pupuk, listrik, RDMP (Refinery Development Master Plan) kan nambah terus. Jadi sampai pada di mana kebutuhan enggak bisa semua, bisa disuplai oleh produksi," tuntasnya.

 

Termasuk Negara Kepulauan, Terminal Mini LNG Berpotensi Dikembangkan di RI

Halaman: 
Penulis : Riana