logo


Luhut Jamin Nasib Buruh Lokal di Blok Rokan

Setelah ambil alih blok migas Rokan dari cevron, Pemerintah jamin nasib buruh lokal

4 Maret 2019 16:21 WIB

Setelah ambil alih blog migas Rokan dari cevron, Pemerintah jamin nasib buruh lokal
Setelah ambil alih blog migas Rokan dari cevron, Pemerintah jamin nasib buruh lokal dok. kemenko maritim

RIAU, JITUNEWS.COM - Menko Kemaritiman, Luhut B.Pandjaitan, menegaskan, Pemerintah menjamin nasib buruh lokal terkait kebijakan pengambilalihan blog migas Rokan Riau dari Chevron, dan akan diserahkan kepada Pertamina.

“Chevron bagaimanapun nanti, ke depan kebijakan pemerintah diambil oleh Pertamina efektif pada 2021, tidak akan ada pengurangan buruh di sana. Hal ini sama seperti yang di Mahakam. Mahakam itu kita ambil tidak ada kita kurangi jumlah buruhnya, tidak kita kurangi gajinya, justru kita ubah lebih efisien,” jelasnya kepada sekitar 3.000 buruh yang menghadiri Pembukaan Rakerwil Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera (KSBSI) Indonesia di Pekanbaru, Minggu (3/3).

Luhut mensyaratkan, pekerja harus skilfull dan harus bersertifikat. Untuk mempermudah akses sertifikasi telah didirikan politeknik,yang merupakan upaya pemerintah lakukan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia lokal untuk dapat diserap oleh industri di Morowali.


Pesan Menko Luhut ke Prabowo, "Kau Ini Apa Sih, Maju Aja, Hajar Terus, Tapi Jangan...."

Hal tersebut sesuai komitmen Pemerintah yang mewajibkan investor dari negara manapun menggunakan tenaga kerja dalam negeri jika ingin berinvestasi di Indonesia.

“Para investor tersebut harus membawa teknologi ramah lingkungan di Indonesia. Selain itu syarat investasi di Indonesia itu adanya transfer teknologi, merekrut pekerja lokal sebanyak mungkin, dan harus ada nilai tambah,” tambah Menko Luhut yang menunjukkan salah satu portofolionya membawahi sektor energi.

Mengingat pentingnya peran buruh dalam perekonomian Indonesia, Luhut pun lagi-lagi menegaskan bahwa Pemerintah akan urus semua kebutuhan buruh.

 

Dituduh Kelola Konsesi Lahan, Menko Luhut: Ngapain Diumumkan, Cari Saja

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman