logo


Saat Berkunjung ke Semarang, Jangan Lupa untuk Mencoba 5 Makanan Ini

Apa saja?

2 Maret 2019 12:25 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Semarang selain memiliki wisata yang indah juga mempunyai kuliner khas yang lezat.

Tak hanya lumpia semarang saja yang menjadi makanan khasnya. Berikut 5 makanan yang wajib dicoba ketika berlibur ke Semarang, dilansir dari gottravelly (02/03)

Nasi Ayam Semarang


Ternyata Terlalu Sering Makan Daging Merah Bisa Bikin Ginjalmu Rusak!

Makanan yang satu ini berisikan nasi liwet plus telur rebus plus suwiran ayam yang disiram menggunakan kuah opor dan tambahan sambal goreng jipan, dijamin rasanya akan membuat Anda ketagihan ingin mencobanya lagi dan lagi.

Sekilas, nasi ayam Semarang memang menyerupai nasi liwet Solo, namun nasi ayam Semarang disajikan menggunakan sate telur puyuh, usus dan teh hangat sebagai menu pelengkapnya. Pastikan Anda telah mencicipi menu dengan kuah opor kuning khas Semarang yang satu saat berkesempatan mengunjungi kota Semarang.

Bandeng Presto

Bandeng presto juga menjadi salah satu kuliner terbaik khas Semarang yang layak Anda cicipi saat mengunjungi Semarang. Banden presto terbuat dari olahan ikan bandeng yang dimasak dengan cara presto gula melunakkan dan menghilangkan duri ikan bandeng yang terlampau banyak.

Presto merupakan sebuah teknik memasak dengan menggunakan tekanan uap air yang tinggi, dan biasanya panci akan dikunci rapat agar airnya tidak meluap. Selain itu, tambahan daun pisang juga dibutuhkan untuk memasak dengan cara presto di bagian bawahnya. Namun, ingat jangan lupa bumbu yang harus di baluri pada ikan bandeng sebelum memasaknya.

Tahu Gimbal

Namanya saja sudah sangat unik bukan? Tahu gimbal merupakan kuliner khas Semarang yang terbuat dari olahan tahu dan penyajian gimbal yang terlihat semakin menarik. Di dalam menu yang satu ini juga terdapat tambahan potongan lonting dan kol yang kemudian disiram bumbu kacang plus petis sehingga semakin menggugah selera semua orang yang menatapnya.

Gimbal sendiri ialah sejenis makanan olahan udang yang telah ditepungkan, bisa dibilang hampir menyerupai bakwan udang.

Garang Asem

Garang asem merupakan salah satu kuliner tradisional di kota Semarang yang berisi ayam plus kuah santan yang dimasak hingga menguarkan aroma memikat yang mustahil di abaikan. Tahukah Anda? Garang asem merupakan makanan berbumbu belimbing wuluh yang dimasak dalam bungkus daun pisang dan ditutup menggunakan lidi.

Hal inilah yang membuat para pemburu kuliner khas nusantara semakin tertarik mencicipi kuliner terbaik khas Semarang ini. Agar lebih nikmat, biasanya garam asem akan dimasak dengan tambahan nasi hangat, jeroan ayam, tempe goreng dan perkedel. Dijamin, Anda akan jatuh cinta pada menu yang satu ini.

Mie Kopyok

Mie kopyok merupakan salah satu makanan terenak di Semarang. Mie kopyok sendiri di buat dengan bahan utama mie yang ditambahkan tetelan daging dan beberapa lauk lainnya. Satu yang membuat mie kopyok berbeda ialah tambahan keupuk gendar, yakni sejenis kerupuk yang dibuat dari adonan nasi yang sangat gurih dan renyah.

Sebagian masyarakat juga mengenai mie kopyok dengan nama mie teng-teng dan mie lontong.

Jangan lupa untuk cobain kelima makanan tersebut ya Kawan Jitu!

Sering Dikonsumsi, 5 Makanan Ini Ternyata Mengundang Datangnya Jerawat

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma