logo


5 Manfaat Dahsyat Buah Pisang yang Jarang Diketahui

Apa saja?

1 Maret 2019 21:38 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet

3. Menurunkan risiko stroke

Faktanya, kalium yang terkandung dalam buah ini juga dapat membantu menurunkan risiko stroke. Terutama untuk wanita usia lanjut yang telah melewati masa menopause.

Hal ini berhasil dibuktikan oleh sebuah penelitian. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa wanita pasca menopause yang rutin mengonsumsi makanan tinggi kalium memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi makanan berkalium sama sekali.

4. Meningkatkan stamina olahraga
manfaat pisang


8 Manfaat Dahsyat Buah Naga yang Jarang Diketahui

Minuman olahraga memang dapat membantu menggantikan elektrolit atau cairan tubuh yang hilang. Sayangnya, minuman jenis ini biasanya mengandung gula dan bahan buatan lainnya. Sebagai gantinya, Anda bisa makan buah pisang sebelum olahraga.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pisang dapat dijadikan bahan utama minuman olahraga untuk menggantikan elektrolit yang hilang. Bahkan, buah ini diketahui memberi manfaat yang lebih dari minuman olahraga biasa karena mengandung kalium, karbohidrat, serat, dan vitamin B-6 alami.

5. Kaya akan magnesium

Magnesium merupakan mineral yang membantu setiap organ dan sistem dalam tubuh agar dapat berfungsi normal. Magnesium penting untuk pembentukan protein, mempertahankan fungsi otot dan saraf, produksi energi, serta mengendalikan gula dan tekanan darah.

Kebiasaan minum minuman keras, memiliki riwayat diabetes tipe 2, gangguan saluran cerna, dan asupan makanan yang kurang dapat meningkatkan risiko kekurangan magnesium.

Padahal kekurangan magnesium dapat menurunkan nafsu makan, menyebabkan mual-muntah, kesemutan, hingga meningkatkan risiko kejang, migrain, osteoporosis, dan gangguan irama jantung.

Namun Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, pisang kaya akan magnesium. Dua buah pisang berukuran sedang mengandung 16% dari kebutuhan magnesium harian Anda. Menambahkan pisang ke dalam menu makanan dapat mencegah Anda mengalami kekurangan magnesium

Jangan Terlalu Banyak Makan Pisang, Resikonya Gak Main-main!

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma
 
×
×