logo


5 Manfaat Dahsyat Buah Pisang yang Jarang Diketahui

Apa saja?

1 Maret 2019 21:38 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pisang merupakan buah yang sangat familiar di negara kita. Buah berwarna kuning ini sangat lazim dijajakan di pasar, supermarket dan pinggir jalan.

Selain mudah didapatkan, buah ini juga mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Pisang paling sering dikonsumsi secara langsung atau di jus terlebih dahulu.

Pisang bahkan saat ini sering dibuat dengan berbagai variasi seperti pisang goreng, pisang coklat, pisang nugget dan masih banyak lagi.


8 Manfaat Dahsyat Buah Naga yang Jarang Diketahui

Nah, inilah 5 manfaat dahsyat buah pisang yang dilansir dari laman Hello Sehat (01/03)

1. Baik bagi pencernaan

Tekstur pisang yang lembut membuat makanan ini dapat dengan mudah melewati saluran cerna.

Kandungan kaliumnya juga membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh Anda. Tak hanya itu, kandungan serat dalam buah ini juga membantu menambah kepadatan feses dan meredakan diare.

Satu lagi manfaat pisang bagi pencernaan adalah meringankan masalah morning sickness pada ibu hamil. Pasalnya buah satu ini kaya akan kandungan vitamin B6. Vitamin B6 memang dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan guna mengurangi masalah mual dan muntah.

2. Menurunkan tekanan darah

Selain membantu menggantikan elekterolit yang hilang dari tubuh, kandungan kalium dalam pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

American Heart Association (AHA) menganjurkan para penderita hipertensi untuk mengonsumsi makanan tinggi kalium guna membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kalium berperan dalam menurunkan tekanan darah dengan menurunkan kadar natrium dalam tubuh.

Namun, manfaat pisang yang satu ini tidak akan bekerja secara efektif bila Anda tidak mengurangi makanan yang mengandung banyak garam dan lemak. Jadi selain makan buah ini, Anda juga diharuskan untuk menerapkan pola makanan sehat yang kaya nutrisi.

Jangan Terlalu Banyak Makan Pisang, Resikonya Gak Main-main!

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma