logo


Mantap! 100% Desa di Sumbar Kini Terang Benderang

Saat ini pasokan listrik di Provinsi Sumatera Barat dapat dikatakan aman dan andal

28 Februari 2019 08:54 WIB

Ilustrasi listrik menyala
Ilustrasi listrik menyala hellokarimun.com

TUA PEJAT, JITUNEWS.COM - PLN unit Induk Wilayah Sumatera Barat melakukan peresmian listrik pedesaan untuk Desa Bosua dan Beriulou pada Senin (25/2) lalu.

Hal ini sebagai komitmen PLN dalam mewujudkan rasio elektrifikasi desa 100% untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN, Wiluyo Kusdwiharto, dalam sambutannya menyatakan bahwa saat ini pasokan listrik di Provinsi Sumatera Barat dapat dikatakan aman dan andal.


KESDM: Tambang Emas yang Longsor di Bolaang, Ilegal

"Saat ini, Sumbar memiliki pasokan listrik dengan kapasitas Pembangkit 703 MW dengan beban puncak sebesar 593 MW. Selain dipasok dari pembangkit sendiri, Provinsi Sumatera Barat juga dipasok dari Sistem interkoneksi 150 kV. Untuk Kepulauan Mentawai saat ini dipasok dari 9 Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang tersebar di beberapa kecamatan dengan total 43 unit mesin pembangkit yang beroperasi dengan kapasitas 5.345 kW dan beban puncak saat ini sebesar 3.364 kW," papar Wiluyo.

Wiluyo juga menuturkan, khusus untuk PLTD Tua Pejat yang memiliki 8 unit mesin pembangkit dengan daya terpasang 4.120 kW saat ini melayani beban puncak sebesar 1.688 kW sehingga surplus 1.187 kW.

PLN menegaskan bahwa saat ini PLN tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Sumatera Barat melainkan juga siap mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Provinsi Sumatera Barat khususnya Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui ketersediaan pasokan listrik.

"Meski banyak halangan dalam proses melistriki seluruh negeri, tentu sudah menjadi kewajiban dan harapan kami agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak mendapatkan listrik mengingat listrik adalah kebutuhan vital dan sudah menjadi kewajiban bagi PLN untuk memenuhi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat," ujar Wiluyo .

Program Listrik Desa di Kabupaten Kepulauan Mentawai ini merupakan bagian dari Pogram Listrik Desa di seluruh Regional Sumatera dimana pada tahun 2018 telah membangun sebanyak 1.954 kms Jaringan Tegangan Menengah, 1.710 kms Jaringan Tegangan Rendah dan 647 gardu dengan kapasitas 50.000 kVA.

Kabar Bagus! Pengembangan Sumur Minyak Akasia Bagus Menunjukan….

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×