logo


Kabar Bagus! Pengembangan Sumur Minyak Akasia Bagus Menunjukan….

Keberhasilan pemboran ini akan mampu meningkatkan produksi minyak PT Pertamina EP

28 Februari 2019 08:49 WIB

Pekerja memeriksa pipa PT Pertamina EP.
Pekerja memeriksa pipa PT Pertamina EP. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Proyek pencarian cadangan minyak dan gas oleh PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero), menunjukkan perkembangan positif dari Sumur Akasia Bagus di Indramayu, Jawa Barat.

Dari hasil uji produksi sumur pengembangan ABG-05 di formasi Cibulakan Atas menghasilkan minyak 508,72 barel per hari (BOPD), kadar air 2,08 persen dan gas 0,081 MMSCFD.

"Hasil ABG-05 merupakan buah dari kerja keras dan sinergi seluruh fungsi. Pencapaian ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan yang terbaik bagi negara ini," kata Direktur Pengembangan PT Pertamina EP, John H Simamora, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/2).


Teknologi PLTU Cilacap Ternyata Banyak Kelebihannya, Apa Saja?

Asal tahu saja, Sumur Akasia Bagus ABG-05 merupakan sumur pengembangan dari struktur Akasia Bagus yang terletak di Desa Jatimunggul Kecamatan Trisi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Sumur tersebut, kata John, ditajak pada 13 Desember 2018 dan diselesaikan pada 20 Februari 2019. Dengan kedalaman akhir mencapai 2.200 mMD.

"Keberhasilan pemboran ini akan mampu meningkatkan produksi minyak PT Pertamina EP," katanya.

Sementara itu, Manager Proyek Pengembangan Bambu Besar & Akasia Bagus (BBS-ABG), Setyo Sapto Edi, mengatakan, pada tahun ini Proyek Pengembangan BBS & ABG akan melakukan pengeboran di lapangan Akasia Bagus sebanyak 2 sumur.

Adapun penambahan 1 sumur step out yang akan diselesaikan sampai tahun 2020.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari semua pihak, antara lain seluruh mitra, PDSI, Pemerintah, aparat Pengamanan, dan seluruh pihak terkait lainnya," tandasnya.

KESDM: Tambang Emas yang Longsor di Bolaang, Ilegal

Halaman: 
Penulis : Riana