logo


2018, Penerimaan BLU ESDM Naik 383%

Jonan menjelaskan, untuk menyejahterakan pegawai, diperlukan parameter capaian peningkatan pendapatan yang diperoleh oleh unit-unit BLU

27 Februari 2019 20:18 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, saat menjadi narasumber pada sharing session Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) BLU yang dihelat di Jakarta, Selasa (26/2).
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, saat menjadi narasumber pada sharing session Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) BLU yang dihelat di Jakarta, Selasa (26/2). Dok. KESDM

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Memberikan pelayanan yang baik dan prima menjadi sebuah kewajiban bagi institusi yang bergerak di bidang pelayanan publik. Di sisi lain, kesejahteraan pegawai Badan Layanan Umum (BLU) juga harus diutamakan.

"Kalau tadi pesannya Bu Menteri Keuangan (meningkatkan) layanan, saya setuju, tapi saya tambahkan penghasilan," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, saat menjadi narasumber pada sharing session Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) BLU yang dihelat di Jakarta, Selasa (26/2).

Jonan menjelaskan, untuk menyejahterakan pegawai, diperlukan parameter capaian peningkatan pendapatan yang diperoleh oleh unit-unit BLU. Sehingga, jika penghasilan BLU meningkat, maka tunjangan kinerja pegawai BLU akan sangat bisa ditingkatkan.


Renovasi Pos Gunungapi Ijen, Jonan: Kalau Gak Diperbaiki, Nanti Gak Ada yang Mau Jadi…

"Kan sudah jadi BLU, bapak ibu sendiri maunya bawa layanannya ke mana, maunya penghasilannya sebesar apa, saya kira Bu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) juga setuju saja. Jadi mestinya kalau penghasilannya baik, beliau berkenan untuk menyesuaikan tunjangan kinerjanya," imbuhnya.

Di lain sisi, Jonan juga mengungkapkan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki kewajiban untuk bekerja dan berkontribusi dalam memajukan unit-unit BLU, tidak hanya mengejar gelar akademik semata.

Jonan berpendapat bahwa jika ASN memiliki prestasi dan mampu berkarya sesuai dengan bidangnya, maka ASN tersebut layak mendapatkan kenaikan pangkat.

Resmikan Jargas di Kabupaten Bogor, Jonan: Ini Bahan Bakar Murah, Aman dan Ramah Lingkungan

Halaman: 
Penulis : Riana