logo


Fantastis! Bangun PLTU Cilacap Ekspansi 1, Ternyata PLN Gelontorkan Dana…

Kehadiran PLTU ini juga akan mendorong tumbuhnya ekonomi di Cilacap.

26 Februari 2019 13:09 WIB

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 660 MW di Desa Karangkandri, Cilacap, Jawa Tengah, Senin (25/2).
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 660 MW di Desa Karangkandri, Cilacap, Jawa Tengah, Senin (25/2). ist

Pembangkit listrik yang menempati area seluas kurang lebih 38,28 hektare tersebut dikembangkan oleh anak perusahaan PLN, yakni PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) dengan saham sebesar 49% dan dikembangkan oleh PT Sumber Segara Primadaya (S2P) dengan saham 51%.

Dengan tambahan 660 MW untuk sistem Jawa Bali ini diperkirakan PLN bisa melayani tambahan pelanggan baru hingga 682.000 pelanggan rumah tangga.

Lebih lanjut, ia menjelaskan PLTU Cilacap Ekspansi 2 menelan biaya investasi hingga US$ 1,4 miliar. Adanya dampak dari percepatan commercial operation date (COD) memberikan potensi penghematan biaya operasi PLN sebesar kurang lebih Rp 1 triliun.


Listrik Tumbuh Cepat dalam 4 Tahun, Jokowi: Sekarang Tak Ada Lagi Keluhan Byar Pet

Adapun penyerapan tenaga kerja di PLTU Cilacap Ekspansi 2 ini mencapai 4.200 orang. PLTU ini juga diperkirakan akan menyuplai listrik bagi pelangggan baru sebanyak ± 1.050.000 pelanggan rumah tangga 900 VA.

Hal ini mengingat sistem kelistrikan Jawa-Bali telah terinterkoneksi dengan baik, sehingga akses listrik kepada masyarakat semakin luas jangkauannya.

Secara keseluruhan, total investasi proyek kelistrikan PLTU di Cilacap meliputi pertama Adipala 660 MW (sudah beroperasi), kedua Cilacap 1 dan 2 kapasitas 2x300MW (sudah beroperasi), ketiga Cilacap Ekspansi 1 kapasitas 1x660 MW (sudah beroperasi), dan keempat Cilacap Ekspansi 2 kapasitas 1x1000 MW (masa uji coba).

Tenaga kerja yang diserap untuk mengoperasikan lima PLTU dengan total kapasitas 2.920 MW yang ada di Cilacap adalah sekitar 6.000 orang. Dengan begitu, tentunya kehadiran PLTU ini juga akan mendorong tumbuhnya ekonomi di Cilacap.

Yeay! Masyarakat di Empat Desa di Bone Kini Sudah Nikmati Listrik

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×