logo


Fantastis! Bangun PLTU Cilacap Ekspansi 1, Ternyata PLN Gelontorkan Dana…

Kehadiran PLTU ini juga akan mendorong tumbuhnya ekonomi di Cilacap.

26 Februari 2019 13:09 WIB

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 660 MW di Desa Karangkandri, Cilacap, Jawa Tengah, Senin (25/2).
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 660 MW di Desa Karangkandri, Cilacap, Jawa Tengah, Senin (25/2). ist

CILACAP, JITUNEWS.COM – Senin (25/2) kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ekspansi 1 kapasitas 1x660 MW di Desa Karangkandri, Slarang, dan Manganti, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Diketahui, pembangunan PLTU ini menelan biaya investasi sebesar US$ 899 juta atau Rp 12,57 triliun (kurs Rp 13.900).

Selain itu, PLN melakukan percepatan pada pembangunan PLTU Cilacap Ekspansi 2 kapasitas 1x1.000 MW. Pembangkit ini dikembangkan oleh PLN dan PT S2P dengan target operasi proyek semula Agustus 2020, dipercepat menjadi September 2019, namun saat ini berhasil selesai keseluruhan di awal 2019 dan tengah dalam tahap uji coba mesin.


Listrik Tumbuh Cepat dalam 4 Tahun, Jokowi: Sekarang Tak Ada Lagi Keluhan Byar Pet

"Pengoperasian kedua pembangkit tersebut sebagai upaya nyata PLN dalam meningkatkan rasio elektrifikasi nasional dan memenuhi kebutuhan tenaga listrik, tidak hanya untuk Provinsi Jawa Tengah saja, tetapi juga bagi sistem kelistrikan Jawa-Bali," ungkap Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN, Amir Rosidin, dalam keterangan tertulis, Senin (25/2).

PLTU Cilacap Ekspansi 1 menggunakan Super-Critical Boiler berbahan bakar batu bara Low Range (4.200 kilo kalori per kilogram), serta dilengkapi dengan Electristastic Precipitator dan Fluidized Gas Desulphurizaton (FGD) yang didesain untuk dapat beroperasi secara efisien dan ramah lingkungan.

Yeay! Masyarakat di Empat Desa di Bone Kini Sudah Nikmati Listrik

Halaman: 
Penulis : Riana