logo


Resmikan PLTU Cilacap 660 MW, Jokowi Jamin Akhir Tahun 99,9% RI Terlistriki

PLTU Cilacap Ekspansi 1 x 660 MW ini merupakan salah satu proyek strategis di Provinsi Jawa Tengah

26 Februari 2019 09:57 WIB

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 660 MW di Desa Karangkandri, Cilacap, Jawa Tengah, Senin (25/2).
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 660 MW di Desa Karangkandri, Cilacap, Jawa Tengah, Senin (25/2). ist

CILACAP, JITUNEWS.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 660 MW di Desa Karangkandri, Cilacap, Jawa Tengah, Senin (25/2).

PLTU Cilacap Ekspansi 1 x 660 MW ini merupakan salah satu proyek strategis di Provinsi Jawa Tengah yang dikelola oleh PT Sumber Energi Sakti Prima dan PT Pembangkit Jawa Bali (PJB).

"Listrik kalau di Jawa itu bukanlah masalah, tapi kalau Bapak dan Ibu lihat di Indonesia Bagian Timur, di pulau-pulau terpencil, di desa-desa terpencil, empat tahun yang lalu masih banyak yang belum ada listriknya, masih seperti kita tahun 70an yang masih menggunakan lampu templok atau lampu sentir, masih seperti itu," ujar Presiden.


RUPTL 2019-2028, Tambahan Pembangkit listrik EBT Naik Jadi 16,7 GW

"Sekarang ini rasio kelistrikan sudah mencapai 98,2%. Listrik sudah dapat dinikmati masyarakat Indonesia, di desa-desa terpencil, yang tersisa belum terlistriki sekarang kecil sekali hanya 1,8% yang belum dan akhir tahun ini ditargetkan 99,9% semua desa, semua dusun harus sudah terlistriki," lanjut Presiden

Presiden juga menekankan bahwa listrik itu bukan hanya penting untuk kegiatan ekonomi dan industri, tapi juga penting untuk masyarakat agar dapat belajar di waktu malam dan industri kecil juga dapat beroperasi pada waktu malam.

Pemanfaatan energi baru terbarukan untuk menggantikan energi fosil di sektor pembangkit juga menjadi perhatian Presiden. Pemerintah telah banyak pengembangkan listrik berbasis energi baru terbarukan, seperti pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Sidrap dan Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan.

"Bapak Ibu kalau mau ke Sidrap dan Jeneponto sudah kaya di Belanda, ada kincir besar-besar di atas bukit, dan ini akan kita lanjutkan kedepan di lokasi-lokasi yang anginnya besar. Kita juga ingin mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Air, karena Indonesia memiliki sungai yang sangat banyak sekali, ini akan kita kembangkan agar kita tidak ketergantungan dengan energi fosil," ujar Jokowi.

12 Pembangkit Listrik dari Sampah Segera Beroperasi, Investasinya Ternyata Segini!

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×