logo


Wamen ESDM: Energi Harus Dinikmati oleh...

Arcandra mengajak agar masyarakat untuk memiliki semangat berkeadilan sosial.

24 Februari 2019 19:41 WIB

Arcandra Tahar.
Arcandra Tahar. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

PADANG, JITUNEWS.COM - Jalan raya di Kota Padang dan Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat kini terang benderang. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) membangun 319 unit penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS).

Peresmian PJU-TS yang dipusatkan di Universitas Andalas, Kota Padang ini meliputi Kota Padang (200 titik), Kab. Padang Pariaman (33 titik), Kab. Pasaman (33 titik), Kab. Pasaman Barat (33 titik) dan Kab. Tanah Datar (20 titik).

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, yang meresmikan PJU-TS ini mengajak agar masyarakat untuk memiliki semangat berkeadilan sosial.


Wamen ESDM Resmikan 6 Sumur Bor, Lebih dari 16 Ribu Jiwa Nikmati Air Bersih

Menurutnya seluruh lapisan masyarakat harus dapat menikmati energi, baik dari segi harga maupun kemudahan akses.

"Energi harus bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat dan ESDM hadir untuk merealisasikannya", terang Arcandra, Jumat (22/2) lalu.

Arcandra menjelaskan, pengembangan dan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) di tanah air, berperan dalam menciptakan energi bersih dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Menurutnya, selain penurunan emisi, PJU-TS juga sangat cocok digunakan untuk daerah-daerah yang belum terjangkau oleh listrik PLN.

"Sangat cocok digunakan untuk jalan-jalan yang belum terjamah oleh listrik PLN", terang Arcandra.

Sementara, untuk wilayah perkotaan, PJU-TS memiliki manfaat menghemat penggunaan energi listrik di kawasan jalan utama, jalan kawasan perumahan, kawasan industri, dan fasilitas umum lainnya.

Pada tahun 2018, program PJU-TS dilaksanakan di 26 Provinsi, yang dipasang di 21.839 titik dengan jumlah anggaran sebesar Rp 416 Miliar.

Rektor Universitas Andalas, Tafdil Husni, menyambut baik pemberian PJU-TS ini, sekaligus berharap Pemerintah dapat kembali membangun PJU-TS atau infrastruktur lainnya yang mendukung penerangan dan penyediaan energi di wilayah tersebut.

"Aktivitas malam di kampus jadi lebih aman. Kami berharap Pemerintah dapat memenuhi permintaan kami kembali. Ini sangat penting bagi kami, misalnya untuk menunjang kegiatan kampus terutama bagi mahasiswa yang tinggal di asrama lingkungan kampus yang mendukung aktivitas malam mahasiswa," tutur Tafdil Husni.

Banjir di Ogan Komering Ilir, Pertamina Gerak Cepat Bantu Para Korban

Halaman: 
Penulis : Riana