logo


Bila Sodetan Ciliwung Selesai Daerah Hilir Akan Bebas Banjir

Masyarakat diminta sadar pentingnya pembangunan proyek ini guna mengurangi potensi banjir di Jakarta.

20 Februari 2015 11:39 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Instruksi percepatan pembangunan proyek sodetan kali ciliwung yang dikeluarkan Presiden disambut baik oleh banyak pihak. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono pun bergerak cepat, menurutnya bila pembangunan sodetan Ciliwung selesai, daerah hilir akan bebas banjir.

Sodetan Kali Ciliwung akan menghubungkan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur yang bertujuan untuk mengalihkan debit air sehingga potensi banjir kawasan hilir Ciliwung akan berkurang.

Respon serupa ditunjukan pula oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama menurutnya saat ini proses pengerjaan berjalan baik. Namun Basuki menyayangkan sikap warga yang menolak pembangunan sodetan tersebut, padahal lahan yang mereka tempati merupakan lahan milik negara. Ia berharap masyarakat dapat sadar pentingnya pembangunan proyek ini guna mengurangi potensi banjir di Jakarta.


Tingkatkan Daya Saing, PUPR Dorong Peningkatan Peran Kontraktor Menengah dan Kecil

"Untuk itulah kami mohon dukungan dan kerjasama semua pihak termasuk dalam penyelesaian pembebasan tanah, agar kami dapat terus bekerja menyelesaikan pembangunan sodetan ini dengan cepat, sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat di sekitrarnya," tuturnya di pinggir Kali Ciliwung, Jakarta, pada Rabu (18/2) lalu.

Pada kesempatan itu Basuki T Purnama juga menyampaikan permintaan maafnya terkait penanganan banjir yang belum maksimal di Jakarta. Menurutnya penanganan banjir di Jakarta merupakan masalah yang kompleks yang tidak dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Ia juga meminta dukungan dari masyarakat terkait program-program penanganan banjir demi kepentingan bersama.

Rusunawa Unpad Bentuk Perhatian Pemerintah pada Sektor Pendidikan

Halaman: 
Penulis : Andi Dwijayanto, Vicky Anggriawan