logo


Menteri ESDM: Manfaatkan Potensi Energi Masa Depan

Hal ini untuk mengurangi ketergantungan energi fosil dan mendorong energi bersih berkelanjutan.

22 Februari 2019 12:12 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan Dok. KESDM

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rancangan Rencana Umum Energi Daerah Provinsi (RUED) terus didorong untuk diselesaikan. RUED merupakan turunan dari Rencana Umum Energi Nasional yang telah ditetapkan tahun 2017 sebagai arah pengembangan energi nasional ke depan.

Pemanfaatan potensi energi baru terbarukan (EBT) di masing-masing wilayah juga terus didorong percepatan pengembangannya.

Hal ini disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan usai memimpin Rapat Anggota ke-27 Dewan Energi Nasional (DEN), belum lama ini.


Kemenperin Tarik Investor Jepang untuk Bikin Baterai Kendaraan Listrik

"Tadi kita membahas tentang Rencana Umum Energi Daerah (RUED), itu merupakan implementasi dari Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). (Provinsi) Jawa Barat dan Jawa Tengah sudah dibuat dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda), sementara Provinsi lainnya sedang persiapan (untuk dijadikan Perda), ada beberapa Provinsi yang secara teknis sudah selesai dan sedang dibahas dengan DPRD, ada juga yang masih menyusun," jelas Jonan, dikutip dari laman esdm.go.id.

Penyelesaian rancangan RUED oleh daerah ini didukung penuh oleh DEN dan Kementerian ESDM dengan memberikan pendampingan penuh penyusunan draft RUED tersebut. Pendampingan juga didukung oleh Kementerian Dalam Negeri.

"Kita juga mendorong kepada Kementerian Dalam Negeri untuk mendorong hal ini, supaya tiap-tiap daerah itu bisa memanfaatkan potensi energi di masa depan," sambung Jonan.

Repsol Temukan Cadangan Migas Besar di Blok Sakakemang, Arcandra: Alhamdulilah…

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×